Brussels Peringati Satu Tahun Serangan Teror

23

Brussels Peringati Satu Tahun Serangan Teror

Upacara peringatan dan mengheningkan cipta diselenggarakan di Brussels memperingati satu tahun serangan teror di ibukota Belgia. Ledakan tiga bom tahun lalu menewaskan 32 orang dan melukai lebih dari 300 orang lainnya.


Brüssel Gedenken Jahrestag Terroranschläge Kranzniederlegung König Philippe (Reuters/Y. Herman)

Para pemimpin Belgia berkumpul pada hari Rabu (22/03) dengan korban yang bertahan hidup dan keluarga korban yang meninggal dunia akibat serangan bom bunuh diri tanggal 22 Maret setahun yang lalu di Brussels.

Raja Belgia Philippe dan Ratu Mathilde, serta Perdana Menteri Belgia Charles Michel berkumpul di bandara Zaventem, Brussels, di mana dua pelaku bom bunuh diri meledakkan bom di ruang keberangkatan bandara pada jam sibuk di pagi hari.

Raja Philippe meletakkan karangan bunga untuk menghormati orang-orang yang kehilangan nyawa mereka akibat ledakan. Diiringi alunan cello, nama-nama korban yang kehilangan nyawa dibacakan.

Karyawan bandara dan korban selamat dari serangan itu juga berkumpul untuk menyaksikan upacara peringatan untuk menghormati para korban.

Masyarakat menunjukkan duka mendalam dalam peringatan setahun serangan Brussel.

Masyarakat menunjukkan duka mendalam dalam peringatan setahun serangan Brussel.

Mengheningkan cipta

Keluarga kerajaan memimpin saat mengheningkan cipta pukul 09:11 waktu setempat di stasiun kereta bawah tanah Maalbeek, di mana sebuah bom ketiga meledak.

Saat keheningan diikuti oleh “menit kebisingan”. Orang-orang bertepuk tangan dan mobil membunyikan klakson mereka sebagi bentuk penentangan terhadap aksi kekerasan itu dan solidaritas.

Tonton video 01:34

Berita Dunia 22.03.2017

Lebih dari 320 orang terluka dalam kedua serangan, namun sekitar 900 orang kini mengatakan mereka menderita trauma fisik ataupun mental akibat serangan itu.

Pada hari yang sama (22/03), Raja dan Ratu meresmikan monumen peringatan baja di dekat lembaga-lembaga Uni Eropa yang berkantor di Brussels. Letaknya tak jauh dari stasion metro Maalbeek.

Pemboman dilakukan oleh warga negara Belgia. Mereka meledakkan bahan peledak yang dibawa dalam koper besar.

Tiga penyerang tewas dalam aksi bom bunuh diri tersebut. Sementara seorang pria lainnya – yang sekarang berada dalam tahanan – mengaku terlibat dalam aksi serangan. ISIS mengklaim bertanggung jawab atas pemboman itu.

Anak-anak dari sekolah di Molenbeek, lingkungan yang sebagian besar penghuninya beragama Muslim di Brussels dan tempat tinggal dari para pelaku serangan, ikut bertemu dengan korban untuk menunjukkan solidaritas.

ap/hp(dpa/afp/ap)

  • Deutschland Anschlag mit LKW auf Weihnachtsmarkt in Berlin (Reuters/F. Bensch)

    Serangan Maut Teror Global 2016

    Serangan Truk ke Pasar Natal Berlin

    Serangan teror mengguncang Jerman di penghujung 2016. 19 Desember 2016 pukul 20:00 Sebuah truk curian ditabrakkan sengaja ke pasar Natal di tengah kota Berlin. Akibat aksi teror ini 12 orang tewas dan 50 lainnya cedera. Teroris pelakunya Anis Amri (24) warga Tunisia yang disebut berafiliasi dengan ISIS ditembak mati polisi Italia 4 hari kemudian saat buron.

  • Frankreich Anschlag LKW rast in Nizza in Menschenmenge

    Serangan Maut Teror Global 2016

    Serangan Truk Maut di Nice

    14 Juli 2016 truk maut dengan kecepatan tinggi menabrak kerumunan orang yang sedang menonton pertunjukan kembang dalam rangka perayaan Hari Nasional Perancis di Nice. Lebih dari 84 orang tewas, termasuk sejumlah besar anak. Pengemudi truk dikenal polisi tetapi tidak dikategorikan mungkin melaksanakan serangan.

  • Belgia Brussel bandara Zaventem ledakan bom

    Serangan Maut Teror Global 2016

    Pemboman Brussels: 22 Maret

    Serangan bom bunuh diri terkoordinasi di bandara Brussels dan stasiun trem Maelbeek dekat markas Uni Eropa di ibukota Belgia, menewaskan sediktnya 34 orang dan melukai lebih 300 lainnya. Para pelakunya anggota jaringan Islamic State-ISIS di Eropa.

  • Saudi-Arabien, Selbstmordanschlag in Medina

    Serangan Maut Teror Global 2016

    Serangan Teror Simultan Arab Saudi: 4 Juli

    Tiga serangan bunuhdiri mengguncang tiga kota di Arab Saudi, yakni di Jeddah, Madinah dan Qatif. Laporan resmi menyebut 4 anggota polisi di dekat mesjid Nabawi di Madinah tewas bersama pelaku yang meledakkan ikat pinggang bom. Islamic State diduga keras berada di balik serangan di negara pusat Islam Sunni itui.

  • Irak Bagdad Anschlag in Karrada

    Serangan Maut Teror Global 2016

    Serangan Bom Baghdad: 3 Juli

    Sedikitnya 215 orang tewas dan lebih 200 cedera dalam sebuah serangan teror di pusat perbelanjaan Karrada di kawasan pemukiman kaum Syiah di ibukota Irak, Baghdad di penghujung bulan Ramadhan. Teroris Islamic State lagi-lagi dituduh jadi dalang serangan berdarah ini.

  • Bangladesch Anschlag Schießerei in Dhaka

    Serangan Maut Teror Global 2016

    Pembantaian di Dhaka: 2 Juli

    Aksi penyanderaan dan pembunuhan terarah yang diakhiri baku tembak dengan aparat keamanan di sebuah cafe di ibukota Bangladesh, Dhaka menewaskan 28 orang. Rinciannya: 20 korban tewas adalah pebisnis asing yang disandera, 2 korban lainnya polisi dan sisanya 6 pelaku teror. ISIS mengaku bertanggung jawab, tapi klaim ini dibantah oleh pemerintah Bangladesh.

  • Istanbul Flughafen Trauer nach Terroranschlag

    Serangan Maut Teror Global 2016

    Bandara Ataturk Istanbul: 28 Juni

    Sedikitnya 45 tewas dan ratusan cedera akibat serangan bom bunuh diri simultan yang dilancarkan tiga orang pelaku di bandara Ataturk. Pemerintah di Ankara menuding Islamic State-ISIS sebagai dalang serangan teror kesekian kalinya yang menerpa kota metropolitan Turki berpenduduk terbanyak itu.

  • Lahore - Bombenanschlag auf Christen

    Serangan Maut Teror Global 2016

    Bom Bunuh Diri Lahore: 27 Maret

    Serangan bom bunuh diri di Lahore, Pakistan yang menyasar taman bermain anak-anak saat perayaan Paskah tewaskan sedikitnya 72 orang dan 200 lainnya cedera. Banyak korban anak-anak dan perempuan Muslim. Taliban nyatakan bertanggung jawab. Motivnya, kebencian terhadap orang yang rayakan libur Paskah.

  • Türkei Trauer nach dem Anschlag in Ankara

    Serangan Maut Teror Global 2016

    Bom Mobil Ankara: 13 Maret

    Ankara kembali berdarah. Sebuah mobil yang dimuati bom meledak di kawasan pusat keramaian ibukota Turki ini. Sedikitnya 37 orang tewas dan 127 cedera. Kelompok separatis Kurdistan Freedom Falcons kembali nyatakan bertanggung jawab atas serangan teror itu.

  • Elfenbeinküste Grand Bassam nach dem Anschlag

    Serangan Maut Teror Global 2016

    Serbuan di Grand-Bassam: 13 Maret

    Kelompok bersenjata yang terkait Al Qaida di kawasan Maghreb menyerbu Hotel Etoile du Sud di Grand Bassam, Pantai Gading. Sedikitnya 18 orang tewas dan 33 cedera. Hotel yang diserbu adalah hunian pekerja ahli asing di negara Afrika Barat itu.

  • Somalia Angriff auf Hotel in Mogadischu

    Serangan Maut Teror Global 2016

    Serangan Bom Mobil Mogadishu: 26 Februari

    Pelaku serangan bunuh diri menabrakkan mobil berisi bom ke sebuah Hotel di distrik Hamarweyne, ibukota Somalia, Mogadishu. Setelah itu penyerang bersenjata api menyerbu gedung Hotel. Sedikitnya 15 tewas dan puluhan cedera. Pelakunya: militan afilisi kelompok teror Al Shabab.

  • Ankara Bus terbakar diserang bom

    Serangan Maut Teror Global 2016

    Bom Ankara: 17 Februari

    Turki kembali diguncang serangan teror. Sebuah konvoi bus militer di ibukota Ankara diserang bom saat jam sibuk di petang hari . Akibatnya 29 tewas, kebanyakan anggota militer, dan 60 lainnya cedera. Kelompok separatis Kurdistan Freedom Falcons nyatakan bertangung jawab atas serangan teror itu.

  • Burkina Faso Splendid Hotel Ouagadougou serangan teror

    Serangan Maut Teror Global 2016

    Ouagadougou Splendid Hotel: 15 Januari

    Sehari setelah serangan Jakarta, serangan teror melanda Ouagadougou, ibukota Burkina Faso. Splendid Hotel yang sebagian besar dihuni warga asing diserang. Sedikitnya 23 orang dari 18 negara tewas dan puluhan cedera. Operasi militer bersama Perancis berhasil membebaskan puluhan sandera. Pelaku serangan: kelompok militan yang berafiliasi dengan Al Qaida.

  • Jakarta Indonesia serangan Bom polisi anti teror

    Serangan Maut Teror Global 2016

    Serangan Teror Jakarta: 14 Januari

    Hanya terpaut dua hari, sebuah serangan teror mengguncang Jakarta. Beberapa pelaku meledakkan sejumlah bom dan terlibat baku tembak dengan polisi di ibukota Indonesia. Akibat serangan, 8 orang tewas dan 24 cedera. ISIS mengaku bertanggung jawab atas serangan itu.

  • Istanbul Hagia Sofia Turki polisi pasca serangan teror

    Serangan Maut Teror Global 2016

    Serangan Bom Istanbul: 12 Januari

    Memasuki tahun 2016, dunia sudah diguncang serangan teror. Sebuah serangan bom bunuh diri di kawasan turis di Istanbul, Turki, tewaskan 13 orang dan lukai puluhan lainnya. Kebanyakan korban tewas adalah turis asing. Pelaku serangan: Nabil Fadli, warga Suriah pendukung Islamic State (ISIS).

    Penulis: Aasim Saleem

 

Laporan Pilihan

 

Serangan Maut Teror Global 2016

Memasuki bulan ke 7 tahun 2016 tercatat rekor serangan teror terbanyak. Ratusan tewas dan cedera. Serangan teror di Baghdad, Ankara dan Brussel catat korban terbanyak. (05.07.2016)

 

Audio dan Video Terkait

 

Berita Dunia 22.03.2017

 

Konten terkait

 

Deutschland PK zur Verhaftung von zwei Salafisten in Göttingen

Dua Pria Terduga Teroris Kelahiran Jerman Dideportasi
22.03.2017

Jerman deportasi dua pria yang diduga rencanakan serangan teror di Göttingen. Pertamakalinya dalam sejarah, Jerman mendeportasi warga kelahiran Jerman keturunan asing.

 

 

Indonesien Saudi-Arabiens König Salman redet im Parlament

Raja Salman Ajak Indonesia Lawan Terorisme
02.03.2017

Dalam pidatonya di hadapan parlemen Indonesia, Raja Arab Saudi Salman bin Abdul al-Aziz Al Saud mengajak Indonesia untuk bersama-sama melawan terorisme.

 

 

Deutschland Hessen - Durchsuchungen wegen Terrorverdachts

Tangkal Rencana Teror, Polisi Jerman Gelar Razia
01.02.2017

Menangkal rencana serangan terorisme, polisi Jerman kembali gelar razia anti teror besar-besaran.

Original Article