Calon Walikota Tes Narkoba via Rambut

135

YOGYAKARTA – Bakal calon walikota Yogyakarta, Selasa (27/9) kemarin menjalani tes narkotika yang digelar Komisi Pemilihan Umum Kota Yogyakarta. Uniknya, jika sebelum-sebelumnya tes narkotika dilakukan melalui pengambilan sampel urin atau air seni, maka kali ini Badan Narkotika Nasional Provinsi Yogyakarta merekomendasikan pengambilan sampel lewat rambut.

“Metode cek rambut adalah (metode) yang paling optimal,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Yogyakarta Wawan Budianto. “Kalau tes urin hanya mampu mendeteksi dua sampai tiga hari ke belakang, kalau tes rambut bisa tiga sampai 4 bulan ke belakang,” tutur Wawan, menambahkan.

Menurut Wawan, hasil tes rembut keempat bakal calon walikota dan wakil walikota tersebut selanjutnya akan diperiksa di laboratorium BNN di Jakarta. “Hanya laboratorium BNN pusat yang bisa mendeteksi dan memberikan hasil tes dengan metode cek rambut,” ujarnya. Sejauh ini ada 10 jenis tes yang diberikan kepada para calon pemimpin Kota Yogyakarta ini. Pemilihan Kepala Daerah akan digelar pada 2017 mendatang.

koran_sindo_tes_narkoba@voxpops2016