Lu Olo Calon terkuat di Pemilihan Presiden Timor Leste

55

Lu Olo Calon terkuat di Pemilihan Presiden Timor Leste

Timor Leste melangsungkan pemilihan presiden hari Senin (20/3). Dari delapan kandidat yang bertarung, dua tokoh dianggap calon kuat: Fransisco “Lu Olo” Guterres dan Antonio da Conceicao.


Osttimor Präsidentschaftswahl (Reuters/L. da Fonseca)

Pemilihan presiden Timor Leste yang dilangsungkan hari Senin (20/3) diharapkan menandai stabilitas politik di negara termuda Asia itu, yang belakangan sering dilanda pertikaian politik dan kekerasan.

Inilah pemilihan presiden yang pertama kali dikoordinasi sendiri oleh Timor Leste, sejak administrasi PBB meninggalkan negara itu 2012. Lebih dari 700 ribu pemilih diharapkan memberikan suaranya.

Kandidat harus memenangkan lebih dari 50% suara untuk bisa menang dalam satu putaran. Jika tidak ada yang mencapai batas itu, akan dilangsungkan pemilu putaran kedua 20 April mendatang.

Osttimor Präsidentschaftswahl (Reuters/L. da Fonseca)

Pemilih Timor Leste sejak pagi sudah membentuk antrian panjang

Calon terkuat adalah Fransisco Guterres, lebih dikenal dengan panggilan “Lu Olo”, yang mendapat dukungan dari Partai Fretilin dan Partai CNRT pimpinan Xanana Gusmao. Sekalipun jabatan presiden di Timor Leste hanya bersifat seremonial tanpa wewenang yang luas, namun peran presiden bisa jadi penting untuk mendamaikan masyarakat yang terpolarisasi.

“Saya yakin saya akan menang, dan tidak ada putaran kedua,” kata Lu Olo setelah memberikan suara di sebuah tempat pemungutan suara di ibukota Dili. Presiden saat ini, Taur Matan Ruak, tidak mencalonkan diri lagi.

Pesaing terdekat Lu Olo adalah calon dari Partai Demokrat, Antonio da Conceicao. Para pengamat mengatakan, pencalonan Guterres yang didukung oleh Fretilin dan CNRT akan membantu menstabilkan negara ini.

Ost-Timor Präsidentschaftswahlen Francisco Guterres (Reuters/L. da Fonseca)

Fransisco “Lu Olo” Guterres (kiri) bersama tokoh kemerdekaan Timor Leste, Xanana Gusmao

“Ini baik dari sudut pandang stabilitas, karena politik yang terlalu kompetitif dapat meningkatkan ketegangan,” kata Damien Kingsbury, ahli Timor Leste dari Universitas Deakin Australia kepada kantor berita AFP.

Damien menerangkan, dukungan terhadap Lu Olo menunjukkan bahwa Timor Leste akan terus dipimpin oleh pemerintah persatuan hasil dari pemilihan parlemen yang juga akan berlangsung tahun ini.

Namun dia juga menyayangkan jika oposisi jadi terlalu lemah, karena oposisi kuat dibutuhkan agar dapat mengawasi kebijakan-kebijakan pemerintah. Lu Olo masih termasuk tokoh perjuangan kemerdekaan Timor Leste dan merupakan kandidat Fretilin pada pemilihan presiden tahun 2007.

Ost-Timor Präsidentschaftswahlen Antonio da Conceicao (Reuters/L. da Fonseca)

Kandadit Partai Demokrat, Antonio da Conceicao

“Dia adalah pejuang yang berjuang bersama Xanana Gusmao di hutan untuk kemerdekaan untuk negara ini,” kata Vasco Pires de Jesus, seorang buruh berusia 58 tahun, kepada kantor berita AFP.

Siapa pun yang memenangkan pilpres kali ini akan memimpin bangsa yang menghadapi tantangan besar. Timor Leste masih merupakan negara yang sangat miskin. Pemerintahan harus berjuang keras untuk meningkatkan standar hidup sekitar 1,1 juta warganya.

Sistem ekonomi harus dikembangkan untuk melepaskan ketergantungan dari minyak. Para pemimpin Timor Leste juga harus merundingkan perbatasan laut baru dengan Australia, setelah sengketa tentang perjanjian maritim yang merugikan negara itu.

Ost-Timor Präsidentschaftswahlen Francisco Guterres Anhänger (Reuters/L. da Fonseca)

Pendudung mengelu-elukan Lu Olo

Kebanyakan partai politik lebih fokus untuk memenangkan pemilihan parlemen yang akan menentukan siapa yang berhak membentuk pemerintahan. Tokoh-tokoh “jam pertama” dalam perjuangan kemerdekaan seperti Xanana Gusmao dan pemenang Nobel Perdamaian Jose Ramos-Horta mulai menarik diri dan membiarkan politisi generasi baru mengambil alih.

Indonesia menduduki Timor Timur pada tahun 1975 setelah penguasa kolonial Portugal melepaskan jajahannya. Selama masa pendudukan, puluhan ribu orang tewas dalam perjuangan kemerdekaan yang dimpimpin oleh Fretilin dan CNRT.

Tahun 1999, pemerintah Indonesia dibawah Presiden Habibie mengijinkan PBB untuk melaksanakan referendum, yang dimenangkan secara mutlak oleh pendukuing opsi kemerdekaan.

  • Special Army Forces Indonesien Kopassus Jakarta

    Kopassus Dalam Pusaran Sejarah

    Heroisme Baret Merah

    Tidak ada kekuatan tempur lain milik TNI yang memancing imajinasi heroik sekental Kopassus. Sejak didirikan pada 16 April 1952 buat menumpas pemberontakan Republik Maluku Selatan, satuan elit Angkatan Darat ini sudah berulangkali terlibat dalam operasi mengamankan NKRI.

  • Indonesien Jakarta Kopassus Spezialkräfte

    Kopassus Dalam Pusaran Sejarah

    Kecil dan Mematikan

    Dalam strukturnya yang unik, Kopassus selalu beroperasi dalam satuan kecil dengan mengandalkan serangan cepat dan mematikan. Pasukan elit ini biasanya melakukan tugas penyusupan, pengintaian, penyerbuan, anti terorisme dan berbagai jenis perang non konvensional lain. Untuk itu setiap prajurit Kopassus dibekali kemampuan tempur yang tinggi.

  • Indonesien Kopassus Spezialkräfte

    Kopassus Dalam Pusaran Sejarah

    Mendunia Lewat Woyla

    Nama Kopassus pertamakali dikenal oleh dunia internasional setelah sukses membebaskan 57 sandera dalam drama pembajakan pesawat Garuda 206 oleh kelompok ekstremis Islam, Komando Jihad, tahun 1981. Sejak saat itu Kopassus sering dilibatkan dalam operasi anti terorisme di Indonesia dan dianggap sebagai salah satu pasukan elit paling mumpuni di dunia.

  • Indonesien Jakarta Flut Überschwemmung Monsun

    Kopassus Dalam Pusaran Sejarah

    Terjun Saat Bencana

    Segudang prestasi Kopassus membuat prajurit elit Indonesia itu banyak dilirik negeri jiran untuk mengikuti latihan bersama, di antaranya Myanmar, Brunei dan Filipina. Tapi tidak selamanya Kopassus cuma diterjunkan dalam misi rahasia. Tidak jarang Kopassus ikut membantu penanggulangan bencana alam di Indonesia, seperti banjir, gempa bumi atau bahkan kebakaran hutan.

  • Bildergalerie Indonesien Banda Aceh 1999 70 Jahre indonesische Streitkräfte Ost Timor

    Kopassus Dalam Pusaran Sejarah

    Nila di Tanah Seroja

    Namun begitu Kopassus bukan tanpa dosa. Selama gejolak di Timor Leste misalnya, pasukan elit TNI ini sering dikaitkan dengan pelanggaran HAM berat. Tahun 1975 lima wartawan Australia diduga tewas ditembak prajurit Kopassus di kota Balibo, Timor Leste. Kasus yang kemudian dikenal dengan sebutan Balibo Five itu kemudian diseret ke ranah hukum dan masih belum menemukan kejelasan hingga kini.

  • Indonesien Studentenproteste 1998

    Kopassus Dalam Pusaran Sejarah

    Pengawal Tahta Penguasa

    Jelang runtuhnya ejim Orde Baru, Kopassus mulai terseret arus politik dan perlahan berubah dari alat negara menjadi abdi penguasa. Pasukan elit yang saat itu dipimpin oleh Prabowo Subianto ini antara lain dituding menculik belasan mahasiswa dan menyulut kerusuhan massal pada bulan Mei 1998.

  • Indonesien Kopassus Spezialkräfte

    Kopassus Dalam Pusaran Sejarah

    Serambi Berdarah

    Diperkirakan lebih dari 300 wanita dan anak di bawah umur mengalami perkosaan dan hingga 12.000 orang tewas selama operasi militer TNI di Aceh antara 1990-1998. Sebagaimana lazimnya, prajurit Kopassus berada di garda terdepan dalam perang melawan Gerakan Aceh Merdeka itu. Sayangnya hingga kini belum ada kelanjutan hukum mengenai kasus pelanggaran HAM di Aceh.

  • Special Army Forces Indonesien Kopassus Jakarta

    Kopassus Dalam Pusaran Sejarah

    Neraka di Papua

    Papua adalah kasus lain yang menyeret Kopasus dalam jerat HAM. Berbagai kasus pembunuhan aktivis lokal dialamatkan pada prajurit baret merah, termasuk diantaranya pembunuhan terhadap Theys Eluay, mantan ketua Presidium Dewan Papua. Tahun 2009 silam organisasi HAM, Human Rights Watch, menerbitkan laporan yang berisikan dugaan pelanggaran HAM terhadap warga sipil oleh Kopassus.

    Penulis: rzn/ap (Dari berbagai sumber)

 

hp/vlz (afp,rtr, ap)

Laporan Pilihan

 

Kopassus Dalam Pusaran Sejarah

Dalam sejarahnya Komando Pasukan Khsusus banyak terlibat menjaga keutuhan NKRI. Tapi di balik segudang prestasi, tersimpan aib yang menyeret Kopassus dalam jerat pelanggaran HAM. (12.04.2016)

 

Artikel lainnya

 

Indonesien Arbeiter Vorbereitung für Saudi-Arabien

Indonesia Akan Teruskan Pengiriman PRT ke Luar Negeri
20.03.2017

Indonesia mengatakan akan terus mengirim pembantu rumah tangga (PRT) ke luar negeri. Kebijakan itu disambut aktivis buruh migran, karena pelarangan hanya akan meningkatkan pengiriman TKI ilegal.

 

 

Indonesien Jakarta Tongkol - Bemühungen um umweltfreundliches Leben

Upaya Mempertahankan Kampung Tongkol Dengan Isu Hijau
20.03.2017

Sejak dua tahun warga Kampung Tongkol di tepi sungai Ciliwung, Jakarta, dilanda isu penggusuran. Sekarang mereka mencoba bertahan dengan membuat kampung ramah lingkungan.

 

 

Türkei Erdogan Rede im Bestepe Zentrum in Ankara

Presiden Turki Tuduh Kanselir Jerman Lancarkan “Kebijakan NAZI”
20.03.2017

Presiden Turki Recep Erdogan memuji penahanan jurnalis Jerman di Turki, dan semakin tajam menuduh Jerman melancarkan “langkah NAZI”, dalam pidato hari Minggu kemarin. Jerman nyatakan Erdogan “sudah kelewatan.”

Original Article