Mengulik aplikasi yang ada di balik label Jakarta Smart City

124
Ilustrasi Jakarta Smart City
Ilustrasi Jakarta Smart City
© Shutterstock

Era digital telah mendorong pemanfaatan aplikasi digital dan data dalam pembangunan ibu kota dengan konsep Jakarta Smart City. Kini, masyarakat dan pemerintah dapat berpartisipasi dalam memberikan saran, kritik, atau laporan tentang masalah kota Jakarta melalui Qlue.

Qlue merupakan aplikasi digital yang berfungsi sebagai wadah untuk memudahkan masyarakat Jakarta melaporkan berbagai masalah yang ada di sekitar mereka untuk kemudian diteruskan kepada pihak pejabat terkait.

Qlue bekerjasama dengan pemerintah provinsi DKI Jakarta sejak 2014 dan telah menerima banyak laporan dari warga, sehingga pemerintah Jakarta dapat menindak lanjuti apa yang dilaporkan oleh warganya. Aplikasi tersebut dapat diunduh secara gratis di ponsel Android dan iOS.

Ilustrasi aplikasi Qlue
Ilustrasi aplikasi Qlue
© Qlue

Membuat laporan melalui Qlue dapat dilakukan dengan mudah. Pelapor wajib mengambil foto dari masalah yang ditemui kemudian menentukan kategori dari masalah tersebut, misalnya kemacetan, sampah, parkir liar, pelanggaran, atau masalah lain.

Kemudian, pengguna dapat membuat judul laporan beserta penjelasan dari laporan tersebut. Setelah laporan selesai dibuat, pengguna hanya perlu memantau status laporan tersebut apakah masih menunggu, telah diproses, atau sudah selesai ditangani.

Melalui beranda aplikasi, pengguna dapat melihat laporan dari pengguna lain yang ada di sekitarnya, serta memberikan komentar atau tanda dukungan yang dilambangkan dengan tangan terkepal-fungsinya mirip seperti tanda suka pada Facebook.

Dengan tampilan dan fitur yang mudah digunakan, aplikasi Qlue menjadi terobosan baru dalam perbaikan dan pengembangan kota Jakarta, baik dalam bidang tata kota hingga pelayanan publik. Meski belum digunakan oleh seluruh masyarakat Jakarta, ribuan laporan masuk ke aplikasi Qlue setiap hari.

Dengan jumlah laporan yang harus ditampung tersebut, pengembang harus menjaga performa server dan aplikasi Qlue agar tetap berjalan lancar setiap hari. Sehingga aplikasi Qlue dapat menjadi wadah dan penghubung antara warga dengan pemerintah.Dengan begitu konsep Jakarta Smart City dapat dipertahankan.

Jika jumlah pengguna semakin banyak, pemilik aplikasi perlu mengembangkan kapasitas server agar tidak terjadi overload. Dengan pemilihan server yang tepat, para pelaku bisnis digital dapat melayani para pengguna atau pelanggannya lebih baik.

Original Article