Menlu AS Kepada Korea Utara: “‘Kami Bukan Musuh Anda”

32

Menlu AS Kepada Korea Utara: "'Kami Bukan Musuh Anda"

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Rex Tillerson menyatakan AS ingin berdialog dengan Korea Utara dan tidak berusaha untuk menggulingkan rezimnya. Korut baru-baru ini kembali tes rudal jarak jauh.


Nordkorea Raketentest (Picture alliance/dpa/Uncredited/KRT/AP)

Rex Tillerson hari Selasa (1/8) berusaha meyakinkan Korea Utara bahwa Amerika Serikat bukanlah musuh. Pada saat yang sama dia memperingatkan rezim itu agar meninggalkan kegiatan nuklirnya.

"Kami tidak berpikir bahwa suatu dialog dengan pihak Korea Utara yang bermaksud mempertahankan program senjata nuklir mereka akan produktif," kata Tillerson kepada wartawan di Gedung Departemen Luar Negeri di Washington.

 Rex Tillerson Australien (Reuters/J.Reed)

Menlu AS Rex Tillerson

Tillerson mengakui bahwa hanya ada beberapa pilihan untuk berhadapan dengan Pyongyang dan bahwa dia jika diinginkan "dengan senang hati akan duduk dan berdialog dengan mereka (Korea Utara) tentang masa depan."

"Kami tidak mengiginkan perubahan rezim, kami tidak mencari jatuhnya rezim, kami tidak mencari reunifikasi yang dipercepat dari semenanjung ini," kata Menlu AS selanjutnya.

  • Nordkorea Armee

    Rahasia Kekuatan Militer Korea Utara

    Lautan Serdadu

    Adalah jumlah serdadu yang menjadikan militer Korea Utara sebagai salah satu yang paling disegani di Asia. Setiap saat Kim Jong Un bisa memerintahkan 1,2 juta pasukan infanteri, ditambah 7,7 juta prajurit cadangan, untuk menyerbu jirannya di Selatan. Namun begitu banyak pihak meyakini, serdadu Korut tidak mengenyam pendidikan militer yang mumpuni dan sering mengalami mal nutrisi.

  • Nordkoreanischer Soldat

    Rahasia Kekuatan Militer Korea Utara

    Satuan Elit

    Namun begitu tidak semua serdadu Korea Utara bisa dianggap enteng. Pasalnya saat ini negeri komunis itu tercatat memiliki jumlah pasukan elit terbesar di dunia, yakni sekitar 200.000 serdadu. Mereka yang mengenyam pelatihan khusus biasanya ditempatkan di satuan pengintaian tempur dan penembak jitu yang disebar di kawasan perbatasan.

  • Nordkorea Militär Parade Panzer

    Rahasia Kekuatan Militer Korea Utara

    Artileri Berat

    Salah satu ancaman terbesar dari militer Korut adalah sistem persenjataan konvensional seperti artileri. Saat ini negeri komunis itu memiliki 21.000 senjata artileri berat jarak jauh yang sebagian besar berdaya jelajah tinggi dan mampu mencapai ibukota Korsel, Seoul.

  • Nordkorea Rakete Waffen Bedrohung

    Rahasia Kekuatan Militer Korea Utara

    Meriam Api

    Sistem persenjataan artileri darat menjadi tulang punggung kemampuan tempur militer Korut. Pada dekade 1980an Pyongyang memproduksi ribuan artileri gerak cepat yang menyontek desain Uni Sovyet dan Cina. Salah satu hasil produksi Korut adalah meriam Koksan berdiameter 170mm yang kini mendominasi sistem persenjataan berat negeri Komunis itu.

  • Nordkorea Missile Rakete bei Parade

    Rahasia Kekuatan Militer Korea Utara

    Rudal Nuklir

    Terlepas dari jumlah serdadu dan artileri, ancaman terbesar yang dimiliki militer Korut adalah sistem peluru kendali berhulu ledak nuklir. Dikembangkan sejak dekade 1970an dengan mengandalkan desain rudal Scud, Korut kini memiliki tiga tipe peluru kendali yang salah satunya berdaya jelajah 8000 kilometer. Dengan Taepodong 2 Pyongyang bisa menghantam Kanada, Eropa dan Amerika Serikat.

  • Nordkorea Rakete

    Rahasia Kekuatan Militer Korea Utara

    Petaka dari Langit

    Hingga kini tidak ada yang tahu secara pasti tentang program nuklir Korea Utara. Sebagian mengatakan rejim Kim Jong Un cuma selangkah lagi menuju bom hidrogen, yang lain meragukan Korut akan mampu membangun cadangan uranium yang telah diperkaya untuk memproduksi senjata nuklir. Namun begitu, Korea Utara tidak diragukan lagi memiliki sistem rudal yang dikembangkan untuk mengangkut hulu ledak nuklir

  • Nordkorea Raketentests

    Rahasia Kekuatan Militer Korea Utara

    Racun Radioaktif

    Hal lain yang menakutkan dari Korut adalah kemampuan membangun bom kotor, yakni bahan peledak konvensional yang dilengkapi elemen radioaktif. Bisa dibuat tanpa teknologi nuklir yang mumpuni, bom kotor pada dasarnya dikembangkan untuk menyebarkan racun radioaktif dan menciptakan panik massal. Militer AS pernah susun skenario perang yang juga berisi serangan bom kotor di lima kota besar Korsel

  • default

    Rahasia Kekuatan Militer Korea Utara

    Gas Pembunuh Massal

    Lembaga pemantau nuklir, Nuclear Threat Initiative, pernah merilis laporan yang menyebut Korea Utara sebagai negara dengan cadangan senjata kimia terbesar ketiga di dunia. NTI memperkirakan saat ini Pyongyang menyimpan hingga 5000 ton agen kimia. Jika terancam, Korut diyakini bisa memproduksi 12.000 unit senjata kimia, antara lain berupa gas syaraf dan senyawa beracun, Sarin.

    Penulis: rzn/as (dari berbagai sumber)

"Kami mencoba untuk menyampaikan kepada warga Korea Utara: Kami bukan musuh Anda, kami bukan ancaman bagi Anda, tapi Anda sedang mengajukan ancaman kepada kami yang tidak dapat diterima, dan kami harus menanggapinya."

Presiden Donald Trump telah menuntut agar Cina – mitra dagang terbesar Korea Utara – berbuat lebih banyak untuk mengendalikan tetangganya. Namun Tillerson bernada lebih diplomatis dan menekankan bahwa meskipun Cina berada dalam posisi yang unik, Cina tidak dapat disalahkan begitu saja untuk situasi di Korea Utara.

Rudal balistik ke Amerika

Korea Utara di bawah kepemimpinan Kim Jong Un beberapa tahun terakhir memperluas program senjata nuklirnya, meski ada serangkaian sanksi PBB.

Nordkorea Kim Jong Un Freude nach dem Test der Hwasong-14 Rakete (Reuters/KCNA)

Pimpinan Korut Kim Jong Un tertawa gembira setelah ujicoba rudal balistikantar benua Hwasong-14, akhir Juli 2017

Hari Jumat lalu (28/7) Korut kembali melakukan ujicoba rudal balistik antarbenua terbaru (ICBM). Setelah peluncuran tersebut, Kim Jong Un menyatakan kepada warganya, bahwa sekarang Koorea utara bisa menyerang setiap target di Amerika Serikat.

Senator dari Partai Republik Lindsey Graham mengatakan kepada televisi AS, Trump pernah menyampaikan kepadanya bahwa dia akan berperang dengan Korea Utara "jika mereka terus mencoba menarget Amerika dengan rudal jarak jauh."

  • Nordkoreanische Geldscheine (Mark Ralston/AFP/Getty Images)

    Inilah Sanksi PBB Pada Korea Utara

    Moneter

    Korea Utara dilarang membuka cabang bank di luar negeri. PBB juga melarang anggotanya mengoperasikan institusi keuangan untuk kepentingan Pyongyang. Karena aktivitas itu bisa membuat Korea Utara mengelak dari sanksi. PBB juga meminta negara anggota mengusir siapapun yang bekerja untuk kepentingan keuangan rezim komunis itu.

  • Philippinen nordkoreanisches Schiff Jin Teng im Hafen von Subic (picture-alliance/AP Photo/J. Dumaguing)

    Inilah Sanksi PBB Pada Korea Utara

    Pelayaran

    PBB memerintahkan negara anggota untuk registrasi ulang semua kapal barang yang dimiliki, dioperasikan atau diawaki orang yang berada di bawah perintah Pyongyang. Kapal-kapal Korea Utara juga dilarang menggunakan bendera negara lain, untuk menghindari sanksi.

  • Air Koryo Flugzeug Nordkorea (picture-alliance/dpa/Yonhap)

    Inilah Sanksi PBB Pada Korea Utara

    Penerbangan

    Air Koryo, maskapai nasional Korea Utara dilarang terbang ke Uni Eropa dengan alasan standar keamanan penerbangan. Juga AS melarang warganya melakukan bisnis dengan maskapai ini. Air Koryo terutama melayani jalur domestik dan jalur luar negeri ke Cina serta Rusia.

  • Nordkorea Autoindustrie (Getty Images/AFP/M. Ralston)

    Inilah Sanksi PBB Pada Korea Utara

    Bahan Bakar

    Sanksi PBB melarang penjualan bahan bakar pesawat terbang, jet dan roket ke Korea Utara. Tapi penjualan minyak mentah atau sejenisnya hingga kini masih diizinkan. Yang jarang diketahui Korut juga memproduksi mobil sendiri dengan merk Pyeonghwa, bekerjasama dengan mendiang pendeta Sun Myung Moon yang jadi penasehat spiritual mantan presiden Park Gyeun he.

  • Grenzstadt Dandong - Nordkorea und China - Kohle (Reuters/B. Goh)

    Inilah Sanksi PBB Pada Korea Utara

    Batubara

    BisnIs ekspor batubara terutama dijalin dengan Cina. Tapi bulan Februari lalu, Cina membatasi impor batubara dari Korea Utara. Dengan persyaratan ketat, Pyongyang diizinkan mengekspor 7,5 juta ton batubara ke Cina senila 374 juta Euro. Salah satu pembelinya adalah Liaoning Greenland Energy Coal Co.(foto) di Dandong, kota perbatasan Cina dengan Korea Utara.

  • Nordkoreanische Botschaft (picture alliance/dpa/S.Schaubitzer)

    Inilah Sanksi PBB Pada Korea Utara

    Rekening Bank dan Properti

    Sanksi PBB membatasi hanya satu rekening bank bagi setiap diplomat Korea Utara di luar negeri (foto kedubes Korut di Berlin). Korea Utara juga dilarang memiliki properti apapun di luar negeri selain gedung kedutaan atau konsulatnya.

  • Nordkorea Militärparade in Pjöngjang (Reuters/S. Sagolj)

    Inilah Sanksi PBB Pada Korea Utara

    Latihan Militer

    PBB melarang lembaga keamanan negara anggotanya mengirim pelatih untuk mendidik militer, polisi atau unit paramiliter Korea Utara. PBB hanya mengizinkan pertukaran tenaga medis, tapi hanya memperbolehkan asistensi teknik dan nilai keilmuan.

  • Nordkorea Mansudae Grand Monument der ehemaligen Präsidenten Kim Il Sung and Kim Jong Il (picture alliance/dpa/robertharding)

    Inilah Sanksi PBB Pada Korea Utara

    Patung

    PBB juga melarang penjualan patung dari Korea Utara, khususnya patung para pemimpin rezim dari dinasti Kim.

"Dia mengatakan hal itu kepada saya, dan saya percaya dia," kata Lindsey Graham. "Jika saya orang Cina, saya akan mempercayainya, dan melakukan sesuatu untuk itu."

Graham mengatakan, AS tidak memiliki pilihan selain melakukan serangan militer yang telak, jika diplomasi dan tekanan dari Beijing gagal mengekang ancaman itu.

"Saya lebih memilih pendekatan diplomatik, tapi mereka tidak tidak boleh diizinkan memiliki rudal untuk menghantam Amerika dengan senjata nuklir," tandasnya.

  • Nordkorea Militärparade (Getty Images/AFP/E. Jones)

    Seberapa Besar Kemampuan Militer Korea Utara?

    Jumlah Tentara Sangat Besar

    Dengan jumlah tentara reguler 700.000 orang, dan hampir 4,5 juta tentara cadangan, hampir seperlima rakyat Kore Utara berbakti dalam militer. Semua pria di negara komunis itu wajib mengikuti pendidikan militer dalam bentuk apapun. Dengan demikian, militer Korea Utara dari segi jumlah dua kali lebih besar daripada Korea Selatan.

  • Nordkorea / Kim Jong Un / Militärs (picture-alliance/dpa)

    Seberapa Besar Kemampuan Militer Korea Utara?

    Alutsista Banyak

    Menurut Global Firepower Index 2017, Korea Utara punya banyak alat utama sistem pertahanan berupa 76 kapal selam, 5.025 panser, serta 458 jet tempur. Foto dari 2013 ini menunjukkan pemimpin Kim Jong Un di pusat komando militer. Dari tempat ini ia bisa memerintahkan persiapan peluncuran roket yang sebagian bisa dimuati hulu ledak nuklir, untuk menyerang AS dan Korea Selatan.

  • Nordkorea Militär Parade Panzer (picture-alliance/dpa/KCNA)

    Seberapa Besar Kemampuan Militer Korea Utara?

    Pamer Persenjataan

    Tiap tahun, rezim Korea Utara mamamerkan kekuatan militernya lewat parade di ibukota Pyongyang. Jadwal penyelenggaraan pamer senjata seperti ini biasanya jatuh pada hari peringatan penting di negara komunis itu, atau bertepatan dengan perayaan penting di keluarga Kim.

  • Nordkorea Raketentest Hwasong-14 (Getty Images/AFP/KCNA)

    Seberapa Besar Kemampuan Militer Korea Utara?

    Peluru Kendali Balistik Antar Benua

    AS mengkonfirmasi uji coba peluru kendali balistik antar benua (ICBM) terbaru oleh Korea Utara sukses. Keberhasilan ini adalah "eskalasi dan ancaman baru bagi AS, sekutunya dan dunia," begitu dinyatakan Menlu AS Rex Tillerson. Roket tipe Hwasong-14 mampu "mencapai sasaran manapun di dunia". Demikian laporan kantor berita Korea Utara, KCNA.

  • Nordkorea Diktator Kim Jong-un (picture-alliance/dpa/KCNA)

    Seberapa Besar Kemampuan Militer Korea Utara?

    Uji Coba Nuklir Dilanjutkan

    Walaupun dunia internasional menjatuhkan sanksi berat, Korea Utara melanjutkan program nuklirnya. Hingga sekarang sudah dilakukan lima kali uji coba nuklir. Tahun 2016 saja dialkukan dua kali. Menteri Pertahanan Korea Selatan Han Min Koo menilai kemungkinannya besar, Korea Utara dalam waktu dekat akan menguji senjata nuklir untuk ke enam kalinya.

  • Nordkorea Raketentest (Reuters/K. Hong-Ji)

    Seberapa Besar Kemampuan Militer Korea Utara?

    Ancaman bagi Perdamaian Dunia

    Hanya Cina dan Rusia yang bisa terhitung sekutu Korea Utara. Rezim itu melihat apa yang mereka sebut "kekuatan imperialis AS" sebagai musuh utama, disusul Jepang dan Korea Selatan. Korea Utara terutama memberi reaksi tajam terhadap latihan militer tahunan yang diadakan AS dan Korea Selatan.

  • USS Carl Vinson (picture-alliance/Zumapress/M. Brown)

    Seberapa Besar Kemampuan Militer Korea Utara?

    Akhir Kesabaran?

    Setelah Korea Utara melakukan tes peluru kendali balistik antar benua, tampaknya AS sudah habis kesabaran. Presiden AS Donald Trump akan membicarakan solusi dengan sekutunya, sebagai pembicaraan sampingan dalam KTT G20 di Hamburg. Cina dan Rusia terutama berusaha mencegah AS melancarkan serangan pertama terhadap Korea Utara. Ed: H. Gui/A. Grunau (ml/as)

hp/rn (rtr, afp)

Laporan Pilihan

Seberapa Besar Kemampuan Militer Korea Utara?

Korea Utara punya tentara dalam jumlah besar. Ditambah lagi, negara komunis itu terus menambah dan meningkatkan persenjataannya termasuk senjata nuklir. (06.07.2017)

Inilah Sanksi PBB Pada Korea Utara

PBB jatuhkan sanksi terhadap Korea Utara sebagai hukuman bagi program senjata nuklirnya. Dewan Keamanan bahkan akan memperberat sanksi. Inilah sejumlah hukuman PBB terhadap Korea Utara: (20.04.2017)

Rahasia Kekuatan Militer Korea Utara

Kendati banyak mengandalkan sistem alutsista buatan Uni Sovyet tahun 70an, militer Korea Utara bukan tanpa taring. Inilah delapan ancaman terbesar yang dimiliki Kim Jong Un. (18.03.2016)

Konten terkait

USA Vereinte Nationen zur Lage in Syrien Nikki Haley

AS Tegaskan Tak Bersedia Berunding Lagi Soal Korea Utara
31.07.2017

Nada suara semakin tinggi dan kata-kata yang digunakan semakin kasar dalam konflik nuklir Korea Utara. Akibat provokasi yang tak kunjung henti, AS menyatakan perundingan tidak ada gunanya lagi.

Iran Ghadr-F Rakete Khomeini Portrait

AS Kecam Peluncuran Satelit Ruang Angkasa Iran
03.08.2017

Amerika Serikat, didukung oleh Perancis, Inggris dan Jerman, meminta Dewan Keamanan PBB bertindak tegas setelah peluncuran satelit Iran yang keempat. Langkah Iran dinilai provokatif dan berbahaya.

US Botschafterin Nikki Haley

AS Desak Dewan Keamanan PBB Perketat Sanksi Terhadap Korea Utara
06.07.2017

Amerika Serikat mendorong sanksi yang lebih keras terhadap Korea Utara di Dewan Keamanan PBB. Cina meminta pihak-pihak yang terlibat untuk menahan diri dan tidak menambah ketegangan.

DW World