Pemerintah Panggil Dubes Inggris Soal Kerusakan di Raja Ampat

65

Pemerintah Panggil Dubes Inggris Soal Kerusakan di Raja Ampat

Pemerintah Indonesia memanggil Duta Besar Inggris hari Jumat (17/3) untuk meminta keterangan soal kapal pesiar Caledonian Sky yang merusak lebih 13 hektar terumbu karang di Raja Ampat.


Indonesien Raja Ampat (picture-alliance/Bruce Coleman/Photoshot/R. Dirscherl)

Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan di Jakarta memanggil Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Moazzam Malik, untuk menerangkan soal insiden di kawasan lindung Raja Ampat yang dilakukan kapal pesiar Caledonian Sky.

Setelah pertemuan di kantor Luhut, Dubes Moazzam Malik mengatakan kepada wartawan, dia sudah melakukan "diskusi yang sangat baik" dengan Menteri Koordinator Kemaritiman. "Saya kecewa setelah mengetahui tentang kerusakan terumbu karang di Papua Barat, sebagaimana sikap kami dalam setiap insiden lingkungan yang terjadi di Indonesia atau di mana pun di dunia," katanya. "Kami berharap masalah ini dapat diselesaikan dengan cepat antara pemerintah Indonesia dan perusahaan pengelola kapal yang bertanggung jawab atas kecelakaan ini," tambahnya.

Namun Duta Besar Inggris itu juga mengatakan, Caledonian Sky bukan kapal Inggris, melainkan milik sebuah perusahaan Swedia. Operator tur wisata melalui Raja Ampat itu adalah Caledonian Noble, memiliki kantor pusat di London. "Kami harap masalah ini bisa segera selesai," kata dia.

Manta Rochen Raja Ampat Indonesien Archiv 2011 (picture alliance/AP Photo)

Perairan Raja Ampat terkenal dengan keragaman hayati dan terumbu karangnya

Menteri Luhut Panjaitan mengatakan, otoritas di Indonesia menyikapi kerusakan termbu karang dengan "sangat serius"."Dia (kapten kapal) berusaha membebaskan diri dari karang dan membuat kerusakan jadi lebih buruk, meskipun dia diperintahkan untuk berhenti," kata Luhut dan menambahkan, bisa memakan waktu sampai 100 tahun untuk memulihkan terumbu karang yang rusaknya.

Namun Luhut mengakui, kasusnya cukup rumit. "Ini complicated, dia pemegang paspor Inggris, tinggal di Florida. Kapalnya kapal Swedia, operatornya juga. Benderanya Bahama. Pembelian tiketnya di Inggris," katanya sebagaimana dikutip Antaranews.

Raja Ampat merupakan salah satu habitat laut yang paling kaya keanekaragaman hayati di dunia dan menarik banyak wisatawan dan penyelam ke pulau-pulau di kawasan itu. Kecelakaan itu terjadi 4 Maret lalu, ketika kapal pesiar Caledonian Sky yang berbobot 4200 ton dan dinakhodai oleh Kapten Keith Michael Taylor kandas di kawasan lindung Raja Ampat karena air surut.

„A Brit and a Broad“ - Reisebericht (A Brit and a Broad)

Seroang wisatawan sedang mengagumi keindahan Raja Ampat

Upaya untuk membebaskan kapal pesiar yang membawa 102 penumpang dan 79 kru itu dengan bantuan kapal tunda gagal dan menyebabkan kerusakan parah terumbu hampir seluas 14 hektar. Pemerintah Indonesia telah membentuk gugus tugas untuk menyelidiki kerusakan terumbu karang dan berjanji untuk mengambil tindakan tegas.

Ricardo Tapilatu, peneliti kelautan dari Universitas Papua yang memimpin tim penyelidik kerusakan mengatakan, kerusapak itu diperkirakan terjadi seluas 13.500 meter persegi. Kemungkinan dibutuhkan biaya sampai 16 juta dolar AS utnuk memulihkannya. Perusahaan Caledonia Noble telah menyatakan permohonan maaf atas kecelakaan itu dan mengatakan mereka akan berupaya mencapai penyelesaian dengan pemerintah.

"Kami menghargai hubungan kami di seluruh dunia dengan penduduk lokal dan kami mohon maaf inisiden ini telah berdampak pada masyarakat setempat," kata Caledonia Noble dalam sebuah pernyataan yang dirilis awal pekan ini.

  • Freeport Mine Indonesien (Getty Images/AFP/O.Rondonuwu)

    Perjudian Buntu di Tambang Grasberg

    Duri dalam Daging

    Harus diakui, PT Freeport adalah salah satu perusahaan asing yang paling kontroversial di Indonesia. Hubungan antara perusahaan yang bermarkas di Phoenix, AS, dengan pemerintah selama ini dipenuhi kekisruhan dan perseteruan. Tidak heran jika jelang negosiasi perpanjangan kontrak, kedua pihak kembali bersitegang.

  • Freeport Mine Indonesien (Getty Images/AFP/O.Rondonuwu)

    Perjudian Buntu di Tambang Grasberg

    Bola Api dari Jakarta

    Terakhir, raksasa tambang AS itu berseteru dengan pemerintah soal Kontrak Karya dan izin ekspor. Kontrak yang ada saat ini akan berakhir tahun 2021 dan Jakarta enggan memperpanjang karena khawatir merugi. Sebab itu Kementerian Energi dan SDM mengajukan sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi Freeport buat memperpanjang kontrak.

  • Indonesien Freeport McMoRan's Grasberg Goldmine in Papua (Getty Images/AFP/O. Rondonuwu)

    Perjudian Buntu di Tambang Grasberg

    Simalakama Freeport

    Tahun 2017 pemerintah mengubah status Kontrak Karya yang dikantongi Freeport menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK). Bersamanya Freeport wajib membangun fasilitas pemurnian alias smelter dalam waktu lima tahun dan menyerahkan 51% saham tambang Grasberg pada Indonesia. Namun Freeport menolak klausul tersebut karena dinilai merugikan.

  • Freeport Mine Indonesien (Getty Images/AFP/O.Rondonuwu)

    Perjudian Buntu di Tambang Grasberg

    Menyambung Nyawa

    Lantaran gagal memenuhi persyaratan yang diajukan, pemerintah mencabut izin ekspor Freeport dan sejak 2015 hanya memberikan izin sementara yang berlaku selama enam bulan. Situasi ini menyudutkan Freeport karena tidak bisa mengekspor ketika harga Tembaga sedang melambung. Terlebih tambang terbuka Grasberg nyaris habis masa pakainya dan Freeport harus mulai menambang tembaga di bawah tanah.

  • Freeport Mine Indonesien (Getty Images/AFP/O.Rondonuwu)

    Perjudian Buntu di Tambang Grasberg

    Tekanan Pasar

    Lantaran sikap keras Jakarta, Freeport merumahkan 12.000 pegawai akibat penurunan produksi. Kemelut di Indonesia akhirnya berimbas negatif pada saham Freeport. Analis pasar menganjurkan investor jangka panjang untuk tidak membeli saham Freeport hingga kisruh kontrak diselesaikan. JP Morgan bahkan menurunkan status Freeport dari "Overweight" menjadi "Neutral."

  • Freeport Mine Indonesien (Getty Images/AFP/T.Eranius)

    Perjudian Buntu di Tambang Grasberg

    Gali Lubang Demi Utang

    Tekanan pasar pada Freeport bertambah besar lantaran ketidakjelasan soal izin ekspor. Tahun ini Freeport merencanakan kapasitas produksi tambang Grasberg sebesar 32% dari total volume produksi perusahaan. Demi membiayai produksi dan menutup utang, perusahaan itu telah menjual sahamnya di tambang-tambang Afrika, dan mulai menambang tembaga berkualitas tinggi di Papua.

  • Australien Bergbau (AFP/Getty Image)

    Perjudian Buntu di Tambang Grasberg

    Terganjal Regulasi

    Freeport berdalih akan berinvestasi senilai 15 miliar Dollar AS untuk mengubah Grasberg menjadi tambang bawah tanah. Untuk itu mereka menginginkan kepastian perpanjangan Kontrak Karya hingga 2041. Namun menurut UU Minerba, Indonesia hanya bisa menegosiasikan kontrak dua tahun sebelum masa berlakunya berakhir, dalam hal ini tahun 2019.

  • Indonesien Demo vor dem Sitz von Freeport McMoran Inc. in Jakarta (picture alliance/Photoshot/Xinhua/Zulkarnain)

    Perjudian Buntu di Tambang Grasberg

    Jalan Buntu buat Dua Pihak

    Akhirnya kedua pihak tidak bisa mengalah dan berniat membawa kasus Grasberg ke Mahkamah Arbitrase Internasional. Buat Freeport, menerima IUPK berarti kehilangan kuasa atas salah satu sumber pemasukan terbesarnya. Sementara pemerintah Indonesia juga enggan mundur dari tuntutannya karena terancam merugi dan kehilangan muka di hadapan publik. Penulis: Rizki Nugraha/ap (dari berbagai sumber)

hp (afp, rtr, antaranews)

Laporan Pilihan

Perjudian Buntu di Tambang Grasberg

Kemelut antara Indonesia dan PT Freeport berpotensi cuma akan menghasilkan pecundang. Kedua pihak terjebak dalam pertaruhan besar seputar tambang Grasberg, tanpa ada jalan keluar. (23.02.2017)

Konten terkait

Indonesien Raja Ampat

Indonesia Segera Gugat Perusak Terumbu Karang di Raja Ampat
15.03.2017

Pemerintah Indonesia menyatakan akan segera melakukan pemanggilan dan gugatan terkait kerusakan terumbu karang di Raja Ampat. Kerusakan terjadi akibat kandasnya kapal pesiar Inggris Caledonian Sky.

Indonesien Raja Ampat

Kapal Pesiar Inggris Rusak Terumbu Karang di Raja Ampat, Papua
14.03.2017

Kapal pesiar Caledonian Sky yang berbendara Bahama, Inggris, awal bulan ini menabrak terumbu karang di kawasan Raja Ampat, Papua, sampai rusak parah. Kapal mewah itu terjebak air laut yang surut.

Original Article