Pemilu Jerman: Partai Ultra Kanan AfD Masuk Tiga Besar

59

Pemilu Jerman: Partai Ultra Kanan AfD Masuk Tiga Besar

Seminggu sebelum pemilu di Jerman, jajak pendapat terakhir menempatkan partai ultra kanan AfD di posisi ketiga. Bersaing ketat dengan Partai Hijau dan kubu liberaldemokrat FDP.

Dari barisan "partai-partai kecil" di Jerman, partai anti-imigran AfD dalam jajak pendapat terakhir memimpin di depan, demikian laporan harian kuning Jerman Bild am Sonntag hari Minggu (17/9), mengutip hasil jajak pendapat lembaga penelitian pendapat publik EMNID.

EMNID menempatkan AfD kini di peringkat 3, setelah dua partai besar CDU dan SPD. Seperti biasanya, CDU akan tampil dalam aliansi dengan partai sehaluan CSU yang hanya tampil di negara bagian Bayern. Aliansi itu tampil sebagai satu blok dalam pemilu dengan nama CDU/CSU.

Bagi AfD, hasil jajak pendapat ini adalah dorongan motivasi besar. Karena inilah untuk pertama kalinya, AfD yang didirikan tahun 2013 mengikuti pemilu nasional Jerman. Hasil jajak pendapat partai-partai kecil lain: Partai Kiri (Die Linke) 10%, FDP 9% dan Partai Hijau 8%.

Infografik DeutschlandTrend Sonntagsfrage 14.09.2017 ENG

Hasil jajak pendapat DeutschlandTrend, 14 Septeber 2017

Merkel jauh di depan, Schulz tanpa peluang

Sementara di puncak peringkat, Aliansi CDU/CSU tetap tidak terkalahkan dengan 36%. Sosial demokrat SPD berada di posisi kedua dengan 22%, terpaut jauh dari saingan besarnya.

Jajak pendapat EMNID juga menempatkan Kanselir Jerman Angela Merkel (CDU) jauh di atas saingan terkuatnya, Martin Schulz (SPD).

Ketika peserta jajak pendapat ditanya, apakah kebijakan politik yang djalankan Kanselir Merkel menjadi sebab menguatnya ultra kanan AfD, 58% menyatakan setuju dengan pandangan itu, 34% menyatakan tidak setuju.

  • CDU election placard

    Poster Kampanye Pemilu di Jerman

    Partai Kristen Demokrat (CDU)

    Setelah tiga periode duduk di kursi legislatur, Kanselir Angela Merkel tak lagi asing dengan poster pemilu. Dengan anggaran 20 juta Euro atau 3 miliar Rupiah, partai berhaluan konservatif ini menggantung 22.000 papan poster di seluruh Jerman. Penggunaan desain bendera Jerman menegaskan patriotisme partai, sedangkan fokus utama slogan kampanye adalah isu keamanan, keluarga dan lapangan kerja.

  • SPD election placard

    Poster Kampanye Pemilu di Jerman

    Partai Sosial Demokrat (SPD)

    Partai berbasis serikat pekerja ini mempertahankan gaya klasiknya lewat penggunaan warna merah dan logo berbentuk persegi. Poster terkonsentrasi pada isu pendidikan, keluarga, pensiun, investasi dan kesetaraan gaji. Di akhir kampanye yang bernilai 24 juta Euro atau 36 miliar Rupiah ini, SPD akan menyiapkan kampanye kejutan tepat jelang hari pemilihan, yang hingga kini masih menjadi rahasia.

  • FDP election poster

    Poster Kampanye Pemilu di Jerman

    Partai Liberal Jerman (FDP)

    Lebih dari 5 juta Euro atau 75 miliar Rupiah telah dihabiskan partai Liberal ini berkampanye lewat poster. Dengan potret hitam putih, FDP tampil total lewat kemasan pemasaran modern yang berpusat pada satu pria: Christian Lindner. Pemilih, sayangnya, akan kesulitan membaca teks padat pada poster ini. "Ketidaksabaran juga merupakan kebijakan", tertera pada slogan.

  • Green Party Poster

    Poster Kampanye Pemilu di Jerman

    Partai Hijau

    Partai Hijau tetap setia pada jati diri mereka dengan berfokus pada topik klasik seperti lingkungan hidup, integrasi dan perdamaian. "Lingkungan bukan segalanya. Tapi tanpa lingkungan, segalanya tak berarti," demikian bunyi slogan partai bernama resmi Aliansi '90 ini. Hal lain yang juga setia muncul pada poster adalah logo Partai Hijau berbentuk bunga matahari.

  • AfD election poster

    Poster Kampanye Pemilu di Jerman

    Alternatif untuk Jerman (AfD)

    Penghargaan untuk poster paling kontroversial, tak bisa ditampik lagi, jatuh kepada partai berhaluan ekstrem kanan AfD. Poster menampilkan seorang perempuan hamil yang tersenyum, terkesan polos, sampai slogan berikut terbaca: "Warga Jerman Baru? Kita ciptakan sendiri." Pada poster berbeda berlatar belakang tiga perempuan yang memakai bikini, AfD menanyakan: "Burka? Kami suka bikini.":

  • Die Linke election poster

    Poster Kampanye Pemilu di Jerman

    Partai Kiri

    Partai Kiri tampaknya mengerahkan segala upaya untuk dapat menggunakan sebanyak mungkin ragam bentuk huruf. Dengan menggabungkan fon huruf dan permainan kata, slogan ini berbunyi: "[Warna-warni] Manusia. Tegas melawan kebencian haluan-kanan." Uang sewa yang terjangkau, pensiun yang lebih adil dan penghentian ekspor senjata menjadi isu utama yang diusung partai berhaluan kiri ini.

FDP dan Partai Hijau membidik posisi 3

FDP dan Partai Hijau menyatakan akan berjuang keras untuk mencapai posisi tiga besar dalam pemungutan suara 24 September mendatang. Pada konferensi Partai Hijau di Berlin hari Minggu (17/9), kandidat utama Kathrin Göring-Eckardt berjanji bahwa partai tersebut "akan membuat kejutan nyata" minggu depan.

Di tempat lain, Ketua Umum FDP Christian Lindner mengimbau pemilih Jerman untuk ramai-ramai mengusung partainya. Berbicara di konferensi khusus FDP, Lindner mengatakan bahwa Partai Hijau tidak memiliki peluang untuk menempati posisi ketiga, sedangkan FDP penting merebut posisi ini untuk membentuk koalisi pemerintahan konservatif bersama kubu CDU/CSU. Jika koalisi konservatif tidak bisa terbentuk, maka Kanselir Merkel bisa saja melanjutkan koalisi besar dengan SPD seperti saat ini. Dan banyak pengamat sepakat, formasi ini justru tidak baik untuk perkembangan politik di Jerman.

Lindner juga menekankan, jika AfD masuk tiga besar, dan terbentuk koalisi besar CDU/CSU dan SPD, maka AfD praktis akan menjadi pimpinan oposisi. Hal ini tidak boleh terjadi, kata Lindner. Dia menyebut AfD sebagai partai yang memiliki cita-cita "nasionalis-otoriter".

FDP saat ini tidak masuk parlemen nasional Bundestag karena dalam pemilu 2013 gagal menembus ambang batas 5%. Peluang FDP untuk kembali ke Bundestag menurut berbagai jajak pendapat terakhir cukup baik.

  • Bundestagswahl Deutschland 22.09.2013 Wahllokal Wahlurne (Getty Images)

    Langkah Pemilu Jerman 2017

    Tahun Pemilihan Umum

    Tahun ini Kanselir Angela Merkel kembali mencalonkan diri untuk periode legislatur ke empat. Keistimewaan lainnya, partai ektrem kanan Jerman Alternatif untuk Jerman (AfD) semakin mendapat dukungan pemilih dengan program anti imigran dan anti-Islamnya.

  • Nach Landtagswahl im Saarland - CDU Annegret Kramp-Karrenbauer Angela Merkel (picture-alliance/dpa/M. Kappeler)

    Langkah Pemilu Jerman 2017

    26 Maret – Pemilu Parlemen Saarland

    Pemilu pertama diadakan di negara bagian kecil Saarland, di bagian Barat Jerman, yang berbatasan dengan Perancis. Partai Kristen Demokrat (CDU) di bawah Kanselir Angela Merkel jadi partai terkuat dengan mendapat 40% suara. Kubu ektrem kanan AfD untuk pertama kalinya terwakili dalam parlemen Saarland dengan 6,2% suara. Foto: PM Saarland Annegret Kramp-Karrenbauer (kiri) bersama Merkel.

  • Deutschland Daniel Günther CDU Wahlen Schleswig-Holstein (Getty Images/M. MacMatzen)

    Langkah Pemilu Jerman 2017

    7 Mei – Pemilu di Schleswig-Holstein

    Partai Kristen CDU secara mengejutkan juga berhasil jadi partai terkuat dalam pemilu di negara bagian Schleswig-Holstein. Sementara Partai Sosial Demokrat (SPD) yang memerintah kehilangan banyak suara. CDU dengan calonnya Daniel Günther (foto) mendapat 32% suara, sementara SPD hanya 27%. Partai anti imigran AfD juga berhasil terwakili di parlemen, setelah lewati "treshold" 5%.

  • Deutschland Sitzung des NRW-Landtags in Düsseldorf (picture-alliance/dpa/F. Gambarini)

    Langkah Pemilu Jerman 2017

    14 Mei – Pemilu di Nordrhein Westfalen

    Nordrhein Westfalen (NRW) adalah negara bagian Jerman dengan populasi penduduk terbanyak, yaitu 17,5 juta. Oleh sebab itu NRW adalah negara bagian yang paling diperebutkan semua partai. Secara tradisional hasil pemilu di NRW juga dianggap barometer bagi hasil pemilu tingkat federal.

  • Deutschland Sitzung des Bundeswahlausschusses (picture-alliance/dpa/A. Burgi)

    Langkah Pemilu Jerman 2017

    19 Juni – Semua Partai Sudah Ajukan Nama

    97 hari sebelum pemilu parlemen federal-Bundestag adalah hari penutupan pengajuan daftar nama kandidat dari semua partai yang ikut bersaing. Semua partai harus memasukkan daftar nama paling lambat pukul 6 sore. Sejauh ini tercatat 51 partai yang mendaftar. Ketua komisi pemilu Roderich Egeler (foto) memimpin rapat proses pemilu.

  • Bundesverfassungsgericht in Karlsruhe (picture-alliance/dpa/U. Deck)

    Langkah Pemilu Jerman 2017

    7 Juli – Siapa Yang Boleh Ikut?

    79 hari sebelum pemilu, partai-partai yang diperbolehkan ikut pemilu diumumkan oleh Ketua komisi Pemilu. Jika ada partai yang tidak setuju dengan keputusan, partai itu punya waktu empat hari untuk mengajukan protes kepada Mahkamah Konstitusi.

  • Deutschland Parteien in Bayern legen Landeslisten zur Bundestagswahl fest (picture-alliance/dpa/O. Berg)

    Langkah Pemilu Jerman 2017

    17 Juli – Siapa Yang Masuk Daftar?

    Semua partai politik punya waktu hingga 69 hari sebelum pemilu untuk menentukan calon mana yang akan akan dicantumkan dalam daftar dan di wilayah mana. Wakil partai ini namanya akan tercantum di daftar pertama pada kerta suara. Untuk daftar kedua pad kertas suara yang sama, partai-partai juga harus memasukkan nama.

  • Deutschland Wahlplakate zur Bundestagswahl 2013 in Berlin (picture-alliance/dpa/M. Balk)

    Langkah Pemilu Jerman 2017

    13 Augustus – Kampanye Resmi Dimulai

    Berbeda dengan negara-negara lain, partai-partai Jerman hanya diijinkan menggantung poster kampanye atau memutar iklan di televisi, enam pekan menjelang pemilu. Jadi mulai 13 Agustus, pintu kampanye terbuka dan poster-poster akan bergantungan di tiap tiang listrik, dan menampilkan wajah calon dari berbagai partai.

  • Berlin Wahlen zum Abgeordnetenhaus (picture-alliance/dpa/K.-D. Gabbert)

    Langkah Pemilu Jerman 2017

    20 Agustus – Siapa Berhak Memilih?

    Sekitar sebulan sebelum pemilu, disusun daftar terpenting yakni daftar nama warga yang berhak memilih. Di Jerman semua warga yang berusia di atas 18 tahun berhak memilih dalam pemilu parlemen federal- Bundestang. Tahun ini jumlah pemilik hal pilih seluruhnya 61,5 juta.

  • Deutschland Wahlbriefe zur Bundestagswahl 2013 (picture-alliance/R. Goldmann)

    Langkah Pemilu Jerman 2017

    3 September – Kartu Hak Pilih Tiba

    Di tahap ini, semua warga yang berhak memilih sudah mendapatkan kartu hak pilih yang dikirim lewat pos. Pemilih yang berhak tapi tidak terdaftar bisa melapor. Pemilih yang ingin memberikan suara lewat pos bisa meminta agar kertas suara dikirim ke alamatnya.

  • Deutschland Wahlbriefe zur Bundestagswahl 2013 (picture-alliance/R. Goldmann)

    Langkah Pemilu Jerman 2017

    18 September – Mempersiapkan TPS

    Kurang dari sepekan sebelum pemilu, persiapan akhir dimulai. Kertas suara, bilik tempat mencoblos dan kotak-kotak untuk mentranspor dokumen mulai berjejer, dan relawan yang membantu proses pemberian suara dilatih. Pemerintah lokal harus memberi informasi kepada warga tentang lokasi TPS. Penduduk masih bisa mendaftarkan diri hingga 36 jam sebelum TPA dibka.

  • Symbolbild Bundestagswahl 2013 Wahlkabine (picture-alliance/dpa)

    Langkah Pemilu Jerman 2017

    24 September – Hari Pemilu Bundestag

    Inilah hari penentuan. Gedung sekolah dan perkantoran difungsikan menjadi tempat pemungutan suara. TPS mulai buka pukul 8 pagi, dan tutup pukul 6 sore. Setelah penghitungan cepat, Kantor komisi Pemilu mengumumkan hasil penghitungan awal malam hari itu juga.

  • Deutschland Bundestagswahl 2013 - (picture-alliance/dpa/M. Kappeler)

    Langkah Pemilu Jerman 2017

    25 September – Penentuan Pemenang dan Pecundang

    Setelah semua kertas suara dihitung, hasil akhir pemilu diumumkan. Jika seorang wakil partai tidak menang di wilayahnya, ia masih bisa dapat kursi di Bundestag, jika termasuk daftar wakil partai di tingkat regional.

  • Bundestag konstituierende Sitzung Plenarsaal 22.10.2013 (picture-alliance/dpa)

    Langkah Pemilu Jerman 2017

    24 Oktober – Sidang Pertama Parlemen Jerman ke-19

    Parlemen yang baru terpilih harus bersidang untuk pertama kalinya, paling lambat sebulan setelah pemilu. Karena setelah itu dimulai perundingan pembentukan koalisi pemerintahan, yang diikuti dengan voting secara tertutup untuk memilih kanselir.

  • Deutschland Bundeswahlleiter Roderich Egeler (picture-alliance/dpa/A. Dedert)

    Langkah Pemilu Jerman 2017

    24 November – Segalanya Berjalan Bebas dan Adil?

    Jika ada yang ingin memprotes hasil pemilu, mereka punya waktu dua bulan. Semua orang yang memberikan suara, pengamat pemilu, ketua parlemen dan Ketua Komisi Pemilu Roderich Egeler (foto) punya hak untuk memprotes hasil pemilu. Penulis: Rebecca Staudenmaier (ml/as)

Laporan Pilihan

Poster Kampanye Pemilu di Jerman

Autentik? Xenofobia? Berkelit? Segelintir kata yang dipakai dalam poster kampanye pemilu di Jerman tahun ini. DW mengajak Anda melihat bagaimana partai politik berusaha menggaet pemilih lewat selembar poster. (11.08.2017)

Langkah Pemilu Jerman 2017

2017 jadi tahun penting politik Jerman, yang juga dianggap penting bagi masa depan Uni Eropa. Tahun ini digelar tiga pemilu negara bagian dan pemilu parlemen. Inilah tahapan langkah menuju pemilu parlemen. (15.05.2017)

Konten terkait

Deutschland wählt DW Interview mit Martin Schulz

Martin Schulz: "Saya Tidak Bersedia Tekuk Lutut di Hadapan Erdogan" 16.09.2017

Dalam wawancara dengan Deutsche Welle, penantang Angela Merkel, kandidat kanselir dari SPD Martin Schulz berpendapat bahwa, jika perlu biar saja kerja sama pengungsi Uni Eropa dengan Turki gagal.

Deutschland TV Duell Merkel - Schulz

Pemilu Jerman: Merkel Memimpin Jauh Di Atas Schulz 01.09.2017

Tidak sampai sebulan lagi Jerman akan melangsungkan pemilu nasional. Petahana Kanselir Angela Merkel (CDU) ditantang pendatang baru Martin Schulz (SPD).

Deutschland - Live-Fünfkampf der kleinen Parteien in der ARD

Parpol Kecil di Jerman Berebut Posisi Ke-3 05.09.2017

Partai politik kecil di Jerman bertarung memperebutkan posisi ketiga dalam pemilu 24 September. Mereka bisa menjadi penentu kekuasaan sebagai mitra koalisi bagi CDU atau SPD.

DW World