PM Inggris Tandatangani Dokumen Brexit

53

PM Inggris Tandatangani Dokumen Brexit

Perdana Menteri Inggris Theresa May menandatangai dokumen bersejarah yang akan mengawali proses pemisahan Inggris dari Uni Eropa. Dokumen itu diserahkan ke Brussel hari ini.


Theresa May Premierministerin England (picture-alliance/AP Images/J. Taylor)

PM Inggris Theresa May menandatangani dokumen resmi awal proses Brexit itu Selasa malam kemarin. Langkah ini jadi tanda resmi bahwa Inggris menggunakan haknya seperti tercantum dalam Artikel 50 Kesepakatan Lissabon, sembilan bulan setelah mayoritas rakyat Inggris memutuskan untuk keluar dari Uni Eropa lewat referendum. Menurut Artikel 50 tiap negara anggota berhak keluar dari Uni Eropa, jika rakyatnya memutuskan dengan suara mayoritas.

Dokumen resmi itu siap diserahkan kepada Presiden Dewan Eropa, Donald Tusk hari ini di Brusel. Dengan menandatangani dokumen dan menyerahkannya kepada petinggi di Brussel, berarti Inggris secara resmi memulai proses diakhirinya keanggotaan negara ini dalam Uni Eropa dselama 44 tahun. Proses tersebut akan berlangsung selama dua tahun, dan berlaku secara hukum Maret 2019.

Tonton video 00:34

Khawatirkan masa depan

Hari ini juga May akan berpidato di depan parlemen Inggris dan berjanji akan melaksanakan proses Brexit yang diharap membawa dampak positif bagi semua orang Inggris. Termasuk juga warga Uni Eropa yang punya kewarganegaraan dari negara lain, tapi tinggal di Inggris. Jumlah warga Eropa ini di Inggris sekitar tiga juga orang. Kampanye yang mendahului referendum Juni 2016 dan dampaknya menyulut keresahan warga Inggris yang khawatir tentang masa depan mereka.

May antara lain menyatakan bertekad untuk mencapai kesepakatan yang tepat bagi semua orang yang tinggal di Inggris. Demikian pernyataan dari kantor Perdana Menteri. PM May juga menonjolkan persatuan warga dan negeri yang kuat, dengan sejarah yang bisa dibanggakan serta masa depan cerah. Sekarang, setelah keputusan diambil untuk keluar dari Uni Eropa, ia menegaskannya inilah saatnya untuk bersatu."

May menghadapi tugas berat, yaitu negosiasi dengan 27 negara anggota Uni Eropa tentang berbagai masalah, seperti keuangan, perdagangan dan keamanan. Ia juga harus menangani Skotlandia yang punya status setengah otonom, di mana suara-suara menuntut kemerdekaan dari Inggris semakin kuat.

  • London EU Referendum Brexit Symbolbild

    Reaksi Inggris Saat Cerai Dengan Uni Eropa

    Lempar ciuman ke udara

    Dari balik jendela mobil bertempel slogan Leave EU yang melintasi Parliament Square di London , seorang pria melemparkan ciuman ke udara setelah hasil referendum di Inggris menunjukkan hasil sementara, dengan suara mayoritas memilih hengkang dari Uni Eropa

  • Großbritannien EU-Referendum Brexit Wahlergebnis Sunderland

    Reaksi Inggris Saat Cerai Dengan Uni Eropa

    Kubu Pro-Brexit Bergembira

    Para pendukung ‘hengkang’ dari Uni Eropa alias Brexit bergembira merayakan kemenangan mereka. Mereka bersama-sama menyaksikan proses penghitungan suara di ibukota London.

  • London UKIP Vorsitzender Nigel Farage

    Reaksi Inggris Saat Cerai Dengan Uni Eropa

    Reaksi Nigel Farage

    Inilah reaksi Nigel Farage, pemimpin UKIP yang mendukung Inggris meninggalkan Uni Eropa, atas hasil referendum.

  • Großbritannien EU-Referendum Brexit Wahlergebnis

    Reaksi Inggris Saat Cerai Dengan Uni Eropa

    Nonton bareng

    Dengan antusias warga Inggris bersama-sama menyaksikan hasil referendum yang digelar hari Kamis (23/06) di seluruh pelosok negeri.

  • Großbritannien EU-Referendum Brexit Wahlergebnis Sunderland

    Reaksi Inggris Saat Cerai Dengan Uni Eropa

    Kubu Pro-Uni Eropa Kecewa

    Sementara di lain pihak, para pendukung untuk tetap bergabung dengan Uni Eropa tampak kecewa dengan hasil penghitungan suara yang menunjukan bahwa kubu mereka asor dibanding pendukung Britain Exit alias Brexit.

  • Großbritannien EU-Referendum Brexit Wahlergebnis Sunderland

    Reaksi Inggris Saat Cerai Dengan Uni Eropa

    Tidak puas

    Kubu pro Uni Eropa atau 'Remain' yang memiliki slogan 'Britain Stronger in Europe' dalam kampanyenya, tampak tidak puas dengan hasil referendum.

  • London EU Referendum Brexit Symbolbild

    Reaksi Inggris Saat Cerai Dengan Uni Eropa

    Hasil final

    Hasil yang mendukung Brexit alias hengkangnya Inggris dari Uni Eropa ini merupakan pengumuman penghitungan suara final referendum bersejarah di Inggris.

  • Südkorea Reaktion Märkte Absturz Pfund Sterling

    Reaksi Inggris Saat Cerai Dengan Uni Eropa

    Bursa bereaksi negatif

    Pasar bursa bereaksi negatif atas hasil referendum Brexit ini. Nilai mata uang Pound langsung anjlok. Para pemimpin Uni Eropa masih menahan diri dan menunggu perkembangannya lebih lanjut.

    Penulis: ap/rzn

Anggota parlemen Skotlandia menggelar pemungutan suara hari ini untuk memutuskan akan diadakannya referendum tentang pemisahan diri dari Inggris. Itu ditolak sebagian besar orang dalam referendum 2014.

Tuntutan kemerdekaan Skotlandia itu, dinilai sebagai protes terhadap Brexit. Saat referendum Brexit tahun lalu, sebagian besar warga Skotlandia dan Irlandia Utara dengan suara mayoritas memilih untuk tetap jadi anggota Uni Eropa. Tapi suara pemilih di dua wilayah itu dikalahkan suara pendukung Brexit di bagian lain Inggris.

ml/as (AP, dpa, AFP)

Laporan Pilihan

60 Tahun Perjanjian Roma

Deklarasi persatuan Roma menandai ulang tahun Traktat Roma ke- 60 yang menjadi landasan Uni Eropa. Blok tersebut menentukan langkah ke depan pasca keluarnya Inggris dari Uni Eropa. (24.03.2017)

Belanda Kalahkan Populisme

Kemenangan partai konservatif dalam pemilu parlemen Belanda ditanggapi media internasional dengan nada lega. Belanda disebut mampu membuktikan diri sukses melawan tren populisme di dunia. (16.03.2017)

Skotlandia Inginkan Referendum Kemerdekaan Kedua

Brexit menghadapkan warga Skotlandia pada sebuah dilema, lantaran mayoritas cendrung mendukung keanggotaan Uni Eropa. Kini pemerintahan Skotlandia ingin menggelar referendum kemerdekaan kedua. (13.03.2017)

Majelis Tinggi Inggris Setujui RUU Pemisahan Inggris dari Uni Eropa

Majelis Tinggi Inggris telah mengabulkan rancangan undang-undang pemisahan Inggris dari Uni Eropa, yang dikenal sebagai Brexit. Dengan demikian pemerintahan Theresa May dapat segera memroses perpisahan itu. (14.03.2017)

Reaksi Inggris Saat Cerai Dengan Uni Eropa

Mayoritas rakyat Inggris memilih hengkang dari Uni Eropa. Bagaimana reaksi mereka saat penghitungan hasil referendum ? (24.06.2016)

Konten terkait

London House of Lords Oberhaus Abtimmung Brexit Gesetz

Majelis Tinggi Inggris Setujui RUU Pemisahan Inggris dari Uni Eropa
14.03.2017

Majelis Tinggi Inggris telah mengabulkan rancangan undang-undang pemisahan Inggris dari Uni Eropa, yang dikenal sebagai Brexit. Dengan demikian pemerintahan Theresa May dapat segera memroses perpisahan itu.

Symbolbild Brexit EU Großbritannien Schottland Flaggen

Skotlandia Inginkan Referendum Kemerdekaan Kedua
13.03.2017

Brexit menghadapkan warga Skotlandia pada sebuah dilema, lantaran mayoritas cendrung mendukung keanggotaan Uni Eropa. Kini pemerintahan Skotlandia ingin menggelar referendum kemerdekaan kedua.

EU Fahne

60 Tahun Perjanjian Roma
24.03.2017

Deklarasi persatuan Roma menandai ulang tahun Traktat Roma ke- 60 yang menjadi landasan Uni Eropa. Blok tersebut menentukan langkah ke depan pasca keluarnya Inggris dari Uni Eropa.

Original Article