Sekalipun Enggan, Presiden Trump Tandatangani Sanksi Terhadap Rusia

45

Sekalipun Enggan, Presiden Trump Tandatangani Sanksi Terhadap Rusia

Presiden Donald Trump menandatangani sanksi baru melawan Rusia hari Rabu (3/8). RUU sanksi yang baru itu diputuskan Kongres AS dengan mayoritas besar. Rusia segera ajukan protes.


G20 Gipfel in Hamburg | Putin & Trump (Getty Images/AFP/S. Loeb)

Perdana Menteri Rusia Dmitry Medvedev mengatakan bahwa sanksi AS adalah pernyataan "perang ekonomi total dengan Rusia" dan menunjukkan "kelemahan total Trump".

"Ini mengakhiri harapan untuk memperbaiki hubungan kita dengan pemerintahan baru AS," tulis Medvedev dengan sengit di laman Facebook-nya.

Berbeda dari biasanya, Presiden Trump menandatangani RUU baru itu di belakang pintu tertutup, setelah usaha Gedung Putih gagal untuk mencabut atau melunakkan sanksi terhadap Rusia.

  • Donald Trump talks with a beauty contestant in Moscow.

    Kronologi Hubungan Trump Dengan Rusia

    2013: Trump Dekati Russia

    Pada 18 Juni 2013 Donald Trump berkicau di Twitter: "Kontes kecantikan Miss Universe akan disiarkan langsung dari MOSKOW, Rusia. Ini akan semakin mendekatkan dua negara." Ia kemudian menambahkan, "Apakah anda kira Putin akan hadir – jika ya, apakah ia akan menjadi sahabat baru saya?" Pada Oktober di tahun yang sama Trump mengakui telah melakukan "banyak bisnis dengan Rusia."

  • Cyberattacks are a key factor in the Russia allegations.

    Kronologi Hubungan Trump Dengan Rusia

    September 2015: Dugaan Serangan Siber

    Seroang agen FBI mewanti-wanti Komite Nasional Partai Demokrat (DNC) ihwal serangan siber. Pada 18 Mei 2016 James Cloapper, Direktur Komunitas Intelijen, mengatakan ada "sejumlah indikasi" serangan siber terhadap salah satu tim kampanye pemilu kepresidenan. Sebulan kemudian DNC mengaku menjadi korban serangan siber oleh peretas Rusia.

  • Russian ambassador to the US Sergei Kisljak in Washington

    Kronologi Hubungan Trump Dengan Rusia

    20 Juli 2016: Kislyak Isyaratkan Dukungan

    Senator Jeff Sessions yang sejak awal mendukung Donald Trump dan memimpin Komite Penasehat Keamanan Nasional milik kandidat Partai Republik itu bertemu dengan Duta Besar Rusia Sergey Kislyak dan sekelompok duta besar lain di sela-sela Konvensi Nasional Partai Republik. Sessions awalnya sempat membantah bertemu Kislyak. Tapi Gedung Putih kemudian mengakui kebenaran kabar tersebut.

  • Wikileaks chief Julian Assange

    Kronologi Hubungan Trump Dengan Rusia

    22 Juli 2016. Assange Terlibat

    Di tengah masa kampanye situs WikiLeaks milik Julian Assange memublikasikan 20.000 email milik petinggi partai Demokrat yang dicuri dari server DNC. Kumpulan email tersebut mengungkap bagaimana petinggi partai lebih mengunggulkan Hillary Clinton, ketimbang pesaingnya Senator Bernie Sanders.

  • USA FBI chief James Comey

    Kronologi Hubungan Trump Dengan Rusia

    25 Juli 2016: FBI Turun Tangan

    Menyusul unggahan WikiLeaks Badan Investigasi Federal AS (FB) mengumumkan pihaknya membuka penyelidikan terhadap serangan siber pada masa kampanye. "Kebocoran semacam ini selalu kami anggap serius," ujar Direktur James Comey. Penyelidikan FBI lalu memicu kritik tajam atas kecerobohan tim kampanye Hillary Clinton dalam menyimpan informasi rahasia.

  • USA President Donald Trump

    Kronologi Hubungan Trump Dengan Rusia

    8 November 2016: Trump Terpilih

    Donald Trump terpilih sebagai presiden Amerika Serikat mesi kalah jumlah suara, namun menang dalam jumlah delegasi. Uniknya pada 9 November parlemen Rusia merayakan kabar kemenangan Trump dengan bertepuk tangan di sela-sela sidang.

  • Russian politician Sergej Rybakow

    Kronologi Hubungan Trump Dengan Rusia

    10 November 2016: Gedung Putih Membantah

    Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Rybakov mengakui adanya "kontak" antara pemerintah Rusia dengan tim kampanye Trump selama pemilihan umum kepresidenan. "Tentu saja kami mengenal sebagian besar anggota tim kampanyenya," kata Rybakov. Trump membantah klaim tersebut.

  • General Michael Flynn, US National Security Adviser.

    Kronologi Hubungan Trump Dengan Rusia

    18 November 2016: Flynn Datang dan Pergi

    Trump mengangkat Jendral Michael Flynn sebagai penasehat keamanan nasional. Bekas kepala Dinas Intelijen Militer itu pernah menjadi penasehat kebijakan luar negeri selama masa kampanye. Flynn mengundurkan diri bulan Februari setelah tergerus isu kedekatannya dengan Rusia. Ia antara lain pernah bertemu dengan Presiden Vladimir Putin dalam sebuah acara pribadi di Moskow.

  • Ex-acting attorney general Sally Yates

    Kronologi Hubungan Trump Dengan Rusia

    26 Januari 2017: Surat Maut dari Jaksa Agung

    Jaksa Agung AS Sally Yates mengabarkan Gedung Putih bahwa Flynn berbohong mengenai pertemuannya dengan Duta Besar Rusia Kislyak. Ia meyakini Rusia memiliki rahasia yang bisa digunakan untuk memeras Flynn. Tidak lama kemudian Trump memecat Yates dan menunjuk Jeff Sessions sebagai penggantinya.

  • US attorney general, Jeff Sessions

    Kronologi Hubungan Trump Dengan Rusia

    2 Maret 2017: Sessions Tunduk

    Trump mengatakan ia memiliki "kepercayaan penuh" pada Jaksa Agung Jeff Sessions. Tokoh konservatif itu lalu mengatakan ia tidak akan terlibat dalam semua investigasi yang berkaitan dengan hubungan antara tim kampanye Trump dengan Rusia.

  • ex-head of the FBI James Comey

    Kronologi Hubungan Trump Dengan Rusia

    20 Maret 2017: FBI Usut Trump

    Direktur FBI James Comey mengkonfirmasikan kepada parlemen bahwa lembaganya memulai investigasi dugaan hubungan ilegal antara Rusia dan tim kampanye Trump. Pada hari yang sama Presiden Trump menyerang pemberitaan tentang investigasi Rusia lewat Twitter.

  • Donald Trump and James Comey

    Kronologi Hubungan Trump Dengan Rusia

    9 Mei 2017: Trump Pecat Comey

    Menyusul penyelidikan oleh FBI, Trump lalu memecat James Comey. "Meski saya menghargai sikap anda mengabarkan saya dalam tiga kesempatan bahwa saya tidak sedang diselidiki, saya tetap mendukung penilaian Departemen Kehakiman bahwa anda tidak mampu memimpin FBI dengan efektif," tulis Trump dalam surat pemecatan Comey.

  • Special counsel Robert Mueller

    Kronologi Hubungan Trump Dengan Rusia

    17 Mei 2017: Mueller Tiba, Trump Meradang

    Menyusul konflik kepentingan yang memaksa Jaksa Agung Jeff Sessions menarik diri dari investigasi Rusia, wakilnya Rod Rosenstein menunjuk bekas Direktur FBI Robert Mueller sebagai penyidik khusus kasus dugaan intervensi Rusia. Langkah tersebut tidak diambil tanpa keterlibatan Gedung Putih. Awal Juni Mueller menempatkan Trump sebagai tokoh kunci dalam penyelidikan tersebut.

Trump sendiri menyebut undang-undang itu "cacat secara signifikan".

"Dengan tergesa-gesa Kongres memasukkan sejumlah ketentuan yang jelas-jelas tidak konstitusional, hanya untuk mengeluarkan undang-undang ini, " kata Trump. RUU itu memang melarang Presiden AS untuk mencabut atau melunakkan sanksi terhadap Rusia tanpa persetujuan Kongres.

Russland Militärparade in Moskau (Reuters/Y. Kochetkov)

Presiden Putin (kiri) dan Perdana Menteri Medvedev (kanan)

"Saya telah membangun perusahaan hebat bernilai miliaran dolar, itu adalah alasan kuat mengapa saya terpilih. Sebagai presiden, saya harusnya bisa melakukan kesepakatan yang jauh lebih baik dengan negara-negara asing daripada Kongres," kata Trump kesal.

RUU yang baru juga mencakup sanksi terhadap Korea Utara dan Iran. Sedangkan di sektor energi Rusia, AS kini dapat menjatuhkan sanksi terhadap kepada perusahaan-perusahaan yang terlibat dalam pengembangan jaringan pipa Rusia.

  • Berlin Besuch russischer Präsident Putin (Reuters/H. Hanschke)

    Manusia Paling Berkuasa di Dunia 2016

    1. Vladimir Putin

    Presiden Rusia Vladimir Putin terpilih sebagai sosok paling berkuasa di Bumi selama empat tahun berturut-turut. Di bawah kepemimpinannya Rusia memperluas pengaruh mulai dari Ukraina, Eropa Barat, Suriah dan bahkan pada pemilu kepresidenan Amerika Serikat. Saat ini tidak ada kesepakatan penting di dunia yang bisa dibuat tanpa campur tangan penguasa Kremlin ini.

  • China Donald Trump auf Titelseite einer Zeitschrift (Getty Images/AFP/G. Baker)

    Manusia Paling Berkuasa di Dunia 2016

    2. Donald Trump

    Donald Trump mencatatkan diri sebagai bilyuner pertama yang menjadi presiden Amerika Serikat. Bahkan sejak belum resmi menjabat pun Trump sudah memainkan pengaruhnya, antara lain dengan mengusik Cina dan mendekatkan AS dengan Rusia. Kini dunia menunggu sepak terjang kandidat konservatif ini setibanya dia di Gedung Putih.

  • G7 Gipfel in Elmau Angela Merkel (Reuters/M. Rehle)

    Manusia Paling Berkuasa di Dunia 2016

    3. Angela Merkel

    Jika ada yang mampu menohok Vladimir Putin, Donald Trump atau Recep Tayyip Erdogan, maka ia adalah Angela Merkel. Tidak heran jika kanselir Jerman ini diakui sebagai benteng terakhir kekuatan liberal di Barat oleh Presiden AS Barack Obama. Dengan mundurnya Francois Hollande di Perancis dan Matteo Renzi di Italia, masa depan Uni Eropa kini semakin bergantung pada Merkel.

  • China Militärparade in Peking 70. Jahrestag Ende 2. Weltkrieg Bildergalerie (Reuters/cnsphoto)

    Manusia Paling Berkuasa di Dunia 2016

    4. Xi Jinping

    Kekuasaan Xi Jinping di Cina nyaris tak kenal batas. Awal 2016 silam misalnya ia dipilih sebagai "pemimpin utama" oleh Partai Komunis. Gelar serupa sebelumnya cuma dianugerahkan untuk Deng Xiaoping, Jiang Zemin dan pemimpin revolusi Mao Zedong. Di bawah kekuasaan Xi, Cina membangung kedigdayaan di bidang teknologi dan pertahanan, serta memperluas pengaruh politik di Afrika dan Eropa.

  • Vatikan Rom Karfreitag Papst Franziskus Kreuzweg Kolosseum (Getty Images/AFP/T. Fabi)

    Manusia Paling Berkuasa di Dunia 2016

    5. Paus Fransiskus

    Sejak menjadi pemimpin spiritual untuk 1,6 milyar umat Katholik di seluruh dunia, Paus Fransiskus menggulirkan transformasi untuk mengubah wajah konservatif gereja Katholik. Ia antara lain melonggarkan aturan aborsi, aktif mendorong reformasi perubahan iklim dan memperbaiki manajemen penanganan pengungsi, serta memperjuangkan nasib minoritas di Timur Tengah.

  • Janet Yellen (Reuters)

    Manusia Paling Berkuasa di Dunia 2016

    6. Janet Yellen

    Sebagai perempuan pertama yang menjabat gubernur bank sentral, Janet Yellen secara perlahan mendikte pertumbuhan perekonomian Amerika Serikat. Pengaruhnya hampir tak berbanding dalam kebijakan moneter di AS. Kini penguasa pasar uang itu akan berhadapan dengan presiden terpilih Donald Trump. Keduanya dinilai memiliki pendekatan berbeda mengenai peran pemerintah dalam mempengaruhi dinamika pasar.

  • Bill Gates WHO UN Genf Schweiz Flash-Galerie (AP)

    Manusia Paling Berkuasa di Dunia 2016

    7. Bill Gates

    Bukan hartanya yang membuat Bill Gates tercatat sebagai salah satu manusia paling berkuasa di Bumi, melainkan aktivitas sosialnya melalui Bill and Melinda Gates Foundation. Bekas pemilik raksasa teknologi Microsoft itu sejak lama mendorong perbaikan kondisi kehidupan di negara berkembang dengan memerangi penyakit Polio, Malaria dan membiayai vaksinasi anak.

  • Google I/O 2013 San Francisco (Getty Images)

    Manusia Paling Berkuasa di Dunia 2016

    8. Larry page

    Miliyaran manusia di bumi menggunakan jasa mesin pencari yang diracik oleh Larry Page dan rekannya Sergey Brin. Tapi Page lebih dari sekedar Google. Ia kini memimpin perusahaan induk Alphabet yang menggawangi Google dan produk lainnya. Page bermimpi membawa Alphabet menjadi raksasa teknologi di bidang kecerdasan buatan, energi, teknologi informasi dan otomotif.

  • Washington Narendra Modi Rede vor Kongress (Getty Images/AFP/M. Ngan)

    Manusia Paling Berkuasa di Dunia 2016

    9. Narendra Modi

    Perdana Menteri India, Narendra Modi, boleh jadi lebih banyak berkutat membenahi masalah di dalam negeri ketimbang membangun reputasi di panggung internasional. Namun perlahan politisi populis ini mulai berkecimpung di ranah politik global lewat isu perubahan iklim dan keamanan di kawasan Asia Selatan dan Tenggara.

  • Mark Zuckerberg Facebook Indonesien Joko Widodo Jakarta 13.10. (Getty Images/ Oscar Siagian)

    Manusia Paling Berkuasa di Dunia 2016

    10. Mark Zuckerberg

    Melanjuti jejak bilyuner teknologi lain, Mark Zuckerberg menyumbangkan 99% sahamnya di Facebook untuk kegiatan sosial, antara lain memerangi penyakit di negara-negara berkembang dan mendorong pengembangan teknologi praktis. Bersamanya Facebook berhasil meraup keuntungan tak terhingga dari penjualan iklan.

RUU ini adalah ungkapan ketidakpercayaan dari Kongres yang dikuasai kubu Republikan terhadap hubungan hangat antara Presiden Donald Trump dan Presiden Rusia Vladimir Putin.

"Perumusan konstitusi AS dibuat oleh kongres dan cabang pemerintah yang sama dengan dewan perwakilan," tandas Senator John McCain dari kubu Republik, yang sering berseberangan dengan Trump.

"Saya berharap Presiden akan bersikap kritis terhadap perilaku agresif Rusia," tambahnya.

USA Senat - Kapitol in Washington (picture alliance/ZUMAPRESS.com/A. Edelmann)

Senat AS meloloskan RUU sanksi terhadap Rusia dengan mayoritas besar

Sanksi-sanksi terhadap Rusia dijatuhkan karena dugaan ikut campur dalam pemilihan presiden AS tahun 2016 – yang dimenangkan oleh Trump – dan aneksasi Rusia terhadap Krimea.

Trump mengatakan bahwa dia akan "menghormati" beberapa ketentuan RUU tersebut.

"Saya menandatangani RUU ini demi persatuan nasional, ini mewakili kehendak rakyat Amerika," kata Trump. Senat AS sebelumnya meloloskan RUU itu dengan 98 suara setuju dan 2 suara tidak setuju.

hp/ (afp, rtr, dpa)

  • Russisches Raketenabwehrsystem S-400 (picture-alliance/AA/S. Karacan)

    Rudal S-400: Siluman Rusia Meneror NATO di Udara

    Momok bagi Pesawat Tempur

    S-400 adalah sistem pertahanan udara paling canggih di dunia. Meriam langit ini memiliki daya jelajah sejauh 400 kilometer, mampu menghancurkan target di ketinggian hingga 27 kilometer dan membidik 300 sasaran sekaligus. Entah itu pesawat tempur, pesawat pembom, wahana nirawak, peluru kendali atau bahkan pesawat siluman, tidak ada yang luput dari ancaman S-400.

  • Symbolbild Russland S-400 Raketenabwehr an Grenze zur Türkei (picture alliance/dpa/A.Vilf)

    Rudal S-400: Siluman Rusia Meneror NATO di Udara

    Meriam Tanpa Tanding

    Dikembangkan sejak dekade 1980an, S-400 adalah evolusi termutakhir sistem pertahanan udara Rusia. Saat ini negeri beruang merah itu telah memiliki sebanyak 152 unit sistem rudal S-400 yang terbagi dalam 18 divisi. Menurut klaim Institut Perdamaian dan Kebijakan Keamanan di Jerman (IFSH), NATO saat ini belum memiliki solusi jitu atas ancaman S-400.

  • Russisches Raketenabwehrsystem S-400 (picture-alliance/dpa/S. Malgavko)

    Rudal S-400: Siluman Rusia Meneror NATO di Udara

    Burung Besar dan Enam Peluncur

    Sebuah resimen S-400 terdiri atas sebuah pusat komando dan radar 91N6 yang dijuluki Birg Bird E dan enam peluncur sekaligus. Namun ragam susunan S-400 bisa diubah sesuai dengan misi yang diemban. Daya jelajah S-400 yang tinggi antara lain berkat sistem peluncur yang menembakkan roket ke ketinggian 30 meter dengan gas sebelum mesin roket dinyalakan.

  • Russisches Raketenabwehrsystem S-400 (picture-alliance/dpa/S. Malgavko)

    Rudal S-400: Siluman Rusia Meneror NATO di Udara

    Menebar Takut di Udara

    Kekhawatiran terhadap ancaman sistem rudal Rusia memaksa koalisi bentukan Amerika Serikat di Suriah mengkandangkan semua armada udaranya ketika Moskow menempatkan sejumlah resimen S-400 di pangkalan udara Khmeimim, Damaskus. Mereka sebaliknya memilih menyerang target dengan rudal Tomahawk dari kapal perang di Teluk Persia. Tapi meski digdaya, S-400 bukan tanpa kelemahan.

  • US F/A-18F Super Hornet Symbolbild Anti-IS Koalition im Mittelmeer (Getty Images/AFP/A. Pizzoli)

    Rudal S-400: Siluman Rusia Meneror NATO di Udara

    Jawaban NATO

    Salah satu jawaban NATO atas ancaman S-400 adalah pesawat tempur EA-18G Growler yang memiliki kemampuan perang elektronik dan bisa melumpuhkan sistem navigasi S-400. Namun meski efektif mengurangi daya pukul S-400, EA-18G tidak mampu melumpuhkan sistem pertahanan udara itu sepenuhnya. Cara lain adalah menyerang S-400 dengan puluhan rudal sekaligus. Tapi teori tersebut sejauh ini belum terbukti.

  • Russisches Raketenabwehrsystem S-400 (picture-alliance/dpa/V. Sharifulin)

    Rudal S-400: Siluman Rusia Meneror NATO di Udara

    Dua Pendamping

    Terlebih militer Rusia sudah lebih dulu menyadari kelemahan S-400. Sebagai pelengkap, S-400 akan ditemani oleh sistem pertahanan udara jarak pendek 42S6 Morpheus dan sistem rudal 50R6 Vityaz yang berdaya jangkau hingga 120 kilometer. Kedua peluru kendali darat ke udara itu bertugas mengeliminasi ancaman terhadap S-400, terutama oleh pesawat tempur serupa EA-18G.

  • Russisches Raketenabwehrsystem S-400 (Getty Images/AFP/N. Kolesnikova)

    Rudal S-400: Siluman Rusia Meneror NATO di Udara

    Komponen Asing di Sistem NATO

    Kini Turki menyepakati pembelian S-400 senilai dua setengah milyar Dollar AS dengan Rusia. Moskow nantinya akan menyerahkan dua unit baterai S-400 dan memberikan lisensi bagi Turki untuk membangun dua unit s-400 lain. Pembelian itu turut menjadi masalah, karena S-400 tidak bersinergi dengan sistem pertahanan NATO yang dimiliki Turki saat ini.

Laporan Pilihan

Kronologi Hubungan Trump Dengan Rusia

Skandal kedekatan sejumlah orang terdekat Donald Trump dengan Rusia mendominasi penyelidikan FBI atas intervensi Kremlin terhadap pemilu kepresidenan AS. Inilah kronologi hubungan gelap antara Trump dan Moskow. (15.06.2017)

Rudal S-400: Siluman Rusia Meneror NATO di Udara

Rusia akhirnya sepakat menjual sistem pertahanan udara S-400 kepada anggota NATO, Turki. Seberapa mematikan peluru kendali berdaya jelajah tinggi yang hingga kini masih dianggap belum tersaingi itu? (01.08.2017)

Manusia Paling Berkuasa di Dunia 2016

Presiden Rusia Vladimir Putin kembali terpilih sebagai tokoh paling berkuasa di dunia. Sebaliknya Presiden Barack Obama malah melorot ke posisi 48 dalam daftar yang disusun majalah AS Forbes. Ini daftar lengkapnya (15.12.2016)

Konten terkait

Finnland | Vladimir Putin

Rusia Balas Sanksi AS Dengan Pengusiran Diplomat
28.07.2017

Kementerian Luar Negeri Rusia hari Jumat (28/7) memerintahkan pengurangan staf misi diplomat AS di negaranya. Ini langkah balasan atas sanksi baru yang diputuskan senat AS terhadap Rusia.

Deutschland Trump trifft Putin

Lawan Trump, DPR AS Putuskan RUU Sanksi Baru Terhadap Rusia
26.07.2017

Presiden Trump lagi-lagi gagal dengan upayanya mempererat hubungan dengan Rusia dan Presiden Putin. DPR AS loloskan RUU yang memuat sanksi baru terhadap Rusia, Iran dan Korea Utara.

Deutschland Trump trifft Putin

Rusia Perintahkan Pengusiran 755 Diplomat AS
31.07.2017

Selain pengurangan 755 diplomat AS di Moskow, Presiden Rusia Vladimir Putih juga mengatakan pemerintahannya mungkin akan ambil langkah lain sebagai reaksi atas sanksi terbaru AS.

DW World