Setelah AS, Rusia Berusaha Pengaruhi Pemilu Eropa

96

Setelah AS, Rusia Berusaha Pengaruhi Pemilu Eropa

Komite intelijen Senat AS mewanti-wanti Rusia akan berusaha mempengaruhi jalannya pemilihan umum di Jerman dan Perancis dengan informasi palsu dan kabar hoax. Eropa kini memantau aktivitas Moskow


Autonome Republik Krim Feier zum 3. Jahrestag der Krim in Sewastopol (Getty Images/AFP/M. Vetrov)

Komite bidang Intelijen di Senat AS mewanti-wanti, Rusia akan berusaha mempengaruhi hasil pemilihan umum di Eropa. Hal tersebut diungkapkan ketua komite, Richard Burr, sesaat setelah mengumumkan penyelidikan terhadap kedekatan antara Presiden Donald Trump dan Rusia. "Ada upaya yang sangat terang-terangan yang telah dicoba di Montenegro dan Belanda, akan juga diterapkan di Jerman dan Perancis," ujarnya pada Rabu (29/3).

Hal serupa juga pernah diperingatkan Dinas Rahasia Jerman, BND, Januari silam. Buntutnya Kanselir Angela Merkel memerintahkan komunitas intelijen untuk memantau aktivitas Rusia. Moskow diyakini mendalangi serangan siber terhadap parlemen Jerman pada awal tahun 2015 dan beberapa serangan serupa tahin 2016.

Uni Eropa dilaporkan telah mengalokasikan dana besar untuk menghadang upaya Rusia mempengaruhi pemilihan umum. "Ada kampanye yang besar, terorganisir dan menjangkau sangat jauh yang diarahkan untuk mendeskreditkan Uni Eropa, politisi dan prinsip-prinsipnya," ujar seorang pejabat satuan tugas intelijen Uni Eropa, East StratCom, kepada mingguan Jerman Der Spiegel.

  • Der Pazifik vor Kamtschatka

    7 Fakta Menarik mengenai Rusia

    Lebih Besar dari Pluto

    Rusia, yang berada di benua Eropa dan Asia, luasnya sekitar 17 juta km persegi. Negara terbesar di dunia ini luasnya juga lebih besar dibandingkan dengan planet Pluto yang luasnya sekitar 16,6 juta km persegi. Dan Siberia merupkan wilayah terbesar di Rusia, dengan 75% dari luas keseluruhan.

  • default

    7 Fakta Menarik mengenai Rusia

    Lebih Banyak Perempuan dari Pria

    Populasi Rusia sekitar 143 juta jiwa atau menduduki peringkat 9 di dunia. Di Rusia menetap lebih dari 160 kelompok etnis. 73 persen warga Rusia tinggal di daerah perkotaan. Dari hasil sensus tahun 2010 diketahui bahwa jumlah penduduk Rusia menurun 1,6 persen dibanding pada tahun 2002. Dengan jumlah sekitar 77 juta, kaum perempuan mendominasi populasi Rusia.

  • default

    7 Fakta Menarik mengenai Rusia

    Konsumsi Alkohol

    Satu fakta menyedihkan dari negara ini. Rata-rata setiap penduduk Rusia mengkonsumsi sekitar 18 liter alkohol. Jumlah ini dua kali lebih tinggi dari batas yang dianggap berbahaya bagi kesehatan. Setiap tahunnya, lebih dari 500 ribu warga tewas akibat dampak alkohol. Menurut penelitian, akibat konsumsi alkohol berlebihan, 25 persen warga Rusia meningggal sebelum mencapai usia 55 tahun.

  • default

    7 Fakta Menarik mengenai Rusia

    Kaum yang Tidak Diakui

    Tahun 2009, homoseksualitas dideklasifikasi sebagai penyakit mental. Jajak pendapat terbaru menunjukkan, mayoritas warga Rusia menolak homoseksualitas. Dan mereka juga mendukung adanya UU yang mendiskriminasi kaum homoseksual. Juni 2013, LGBT semakin tersingkirkan dengan keluarnya satu amandemen bagi perlindungan anak, yang menyatakan, hubungan seksual “non-tradisonal“ sebagai kriminalitas.

  • default

    7 Fakta Menarik mengenai Rusia

    Danau Paling Tercemar

    DI masa Uni Soviet, sejak tahun 1951, Danau Karachay, danau kecil di Pegunungan Ural, merupakan tempat pembuangan limbah radioaktif dari instalasi nuklir Mayak. Menurut penelitian, Karachay merupakan salah satu tempat paling tercemar dan paling radioaktif di Bumi.

  • default

    7 Fakta Menarik mengenai Rusia

    Kenyamanan bagi Orang Kaya

    Sejauh ini, keuntungan dari runtuhnya komunis Uni Soviet hanya bisa dinikmati oleh segelintir orang: penguasa, atau juga mereka yang dekat dengan penguasa dan pengusaha maha kaya. Di Rusia, hampir tidak ada pembatasan bagi mereka yang memiliki banyak uang. Bahkan demi kenyamanan, mereka juga tidak segan menyewa mobil ambulans untuk dapat lepas dari kemacetan.

  • default

    7 Fakta Menarik mengenai Rusia

    Pemilik Senjata Atom Terbanyak

    Menurut laporan lembaga penelitian Swedia-Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI) tahun 2015, Rusia berada di peringkat teratas daftar pemilik senjata nuklir. Uji coba senjata nuklir pertama kali dilakukan negara ini pada tahun 1949. Dan saat ini, Rusia memiliki lebih dari 8.000 hulu ledak nuklir, lebih banyak daripada yang dimiliki negara saingannya, Amerika Serikat (7.300).

Adalah "sangat mungkin" Rusia akan berusaha mempengaruhi pemilu Eropa "seperti yang dilakukan di Amerika Serikat," tutur sumber tersebut. Menyebarkan informasi palsu adalah "bagian dari kebijakan negara " dan "alat perang" buat Kremlin.

Dinas Rahasia AS, CIA, Januari silam juga telah menerbitkan laporan yang mencatat bahwa Presiden Vladimir Putin secara langsung "memerintahkan kampanye untuk mempengaruhi pemilu kepresidenan." Upaya tersebut antara lain berupa serangan siber terhadap Partai Demokrat yang membocorkan isi percakapan surat elektronik milik kandidat presiden, Hillary Clinton.

"Saya kira adalah asumsi yang aman bahwa Rusia secara aktif terlibat dalam pemilu Perancis," kata Richard Burr dalam jumpa pers hari Rabu (29/3) di Washington. "Bagian dari tanggungjawab kami adalah memberitahu kepada seluruh dunia."

  • Berlin Besuch russischer Präsident Putin (Reuters/H. Hanschke)

    Manusia Paling Berkuasa di Dunia 2016

    1. Vladimir Putin

    Presiden Rusia Vladimir Putin terpilih sebagai sosok paling berkuasa di Bumi selama empat tahun berturut-turut. Di bawah kepemimpinannya Rusia memperluas pengaruh mulai dari Ukraina, Eropa Barat, Suriah dan bahkan pada pemilu kepresidenan Amerika Serikat. Saat ini tidak ada kesepakatan penting di dunia yang bisa dibuat tanpa campur tangan penguasa Kremlin ini.

  • China Donald Trump auf Titelseite einer Zeitschrift (Getty Images/AFP/G. Baker)

    Manusia Paling Berkuasa di Dunia 2016

    2. Donald Trump

    Donald Trump mencatatkan diri sebagai bilyuner pertama yang menjadi presiden Amerika Serikat. Bahkan sejak belum resmi menjabat pun Trump sudah memainkan pengaruhnya, antara lain dengan mengusik Cina dan mendekatkan AS dengan Rusia. Kini dunia menunggu sepak terjang kandidat konservatif ini setibanya dia di Gedung Putih.

  • G7 Gipfel in Elmau Angela Merkel (Reuters/M. Rehle)

    Manusia Paling Berkuasa di Dunia 2016

    3. Angela Merkel

    Jika ada yang mampu menohok Vladimir Putin, Donald Trump atau Recep Tayyip Erdogan, maka ia adalah Angela Merkel. Tidak heran jika kanselir Jerman ini diakui sebagai benteng terakhir kekuatan liberal di Barat oleh Presiden AS Barack Obama. Dengan mundurnya Francois Hollande di Perancis dan Matteo Renzi di Italia, masa depan Uni Eropa kini semakin bergantung pada Merkel.

  • China Militärparade in Peking 70. Jahrestag Ende 2. Weltkrieg Bildergalerie (Reuters/cnsphoto)

    Manusia Paling Berkuasa di Dunia 2016

    4. Xi Jinping

    Kekuasaan Xi Jinping di Cina nyaris tak kenal batas. Awal 2016 silam misalnya ia dipilih sebagai "pemimpin utama" oleh Partai Komunis. Gelar serupa sebelumnya cuma dianugerahkan untuk Deng Xiaoping, Jiang Zemin dan pemimpin revolusi Mao Zedong. Di bawah kekuasaan Xi, Cina membangung kedigdayaan di bidang teknologi dan pertahanan, serta memperluas pengaruh politik di Afrika dan Eropa.

  • Vatikan Rom Karfreitag Papst Franziskus Kreuzweg Kolosseum (Getty Images/AFP/T. Fabi)

    Manusia Paling Berkuasa di Dunia 2016

    5. Paus Fransiskus

    Sejak menjadi pemimpin spiritual untuk 1,6 milyar umat Katholik di seluruh dunia, Paus Fransiskus menggulirkan transformasi untuk mengubah wajah konservatif gereja Katholik. Ia antara lain melonggarkan aturan aborsi, aktif mendorong reformasi perubahan iklim dan memperbaiki manajemen penanganan pengungsi, serta memperjuangkan nasib minoritas di Timur Tengah.

  • Janet Yellen (Reuters)

    Manusia Paling Berkuasa di Dunia 2016

    6. Janet Yellen

    Sebagai perempuan pertama yang menjabat gubernur bank sentral, Janet Yellen secara perlahan mendikte pertumbuhan perekonomian Amerika Serikat. Pengaruhnya hampir tak berbanding dalam kebijakan moneter di AS. Kini penguasa pasar uang itu akan berhadapan dengan presiden terpilih Donald Trump. Keduanya dinilai memiliki pendekatan berbeda mengenai peran pemerintah dalam mempengaruhi dinamika pasar.

  • Bill Gates WHO UN Genf Schweiz Flash-Galerie (AP)

    Manusia Paling Berkuasa di Dunia 2016

    7. Bill Gates

    Bukan hartanya yang membuat Bill Gates tercatat sebagai salah satu manusia paling berkuasa di Bumi, melainkan aktivitas sosialnya melalui Bill and Melinda Gates Foundation. Bekas pemilik raksasa teknologi Microsoft itu sejak lama mendorong perbaikan kondisi kehidupan di negara berkembang dengan memerangi penyakit Polio, Malaria dan membiayai vaksinasi anak.

  • Google I/O 2013 San Francisco (Getty Images)

    Manusia Paling Berkuasa di Dunia 2016

    8. Larry page

    Miliyaran manusia di bumi menggunakan jasa mesin pencari yang diracik oleh Larry Page dan rekannya Sergey Brin. Tapi Page lebih dari sekedar Google. Ia kini memimpin perusahaan induk Alphabet yang menggawangi Google dan produk lainnya. Page bermimpi membawa Alphabet menjadi raksasa teknologi di bidang kecerdasan buatan, energi, teknologi informasi dan otomotif.

  • Washington Narendra Modi Rede vor Kongress (Getty Images/AFP/M. Ngan)

    Manusia Paling Berkuasa di Dunia 2016

    9. Narendra Modi

    Perdana Menteri India, Narendra Modi, boleh jadi lebih banyak berkutat membenahi masalah di dalam negeri ketimbang membangun reputasi di panggung internasional. Namun perlahan politisi populis ini mulai berkecimpung di ranah politik global lewat isu perubahan iklim dan keamanan di kawasan Asia Selatan dan Tenggara.

  • Mark Zuckerberg Facebook Indonesien Joko Widodo Jakarta 13.10. (Getty Images/ Oscar Siagian)

    Manusia Paling Berkuasa di Dunia 2016

    10. Mark Zuckerberg

    Melanjuti jejak bilyuner teknologi lain, Mark Zuckerberg menyumbangkan 99% sahamnya di Facebook untuk kegiatan sosial, antara lain memerangi penyakit di negara-negara berkembang dan mendorong pengembangan teknologi praktis. Bersamanya Facebook berhasil meraup keuntungan tak terhingga dari penjualan iklan.

rzn/yf (afp,ap,rtr)

Laporan Pilihan

Manusia Paling Berkuasa di Dunia 2016

Presiden Rusia Vladimir Putin kembali terpilih sebagai tokoh paling berkuasa di dunia. Sebaliknya Presiden Barack Obama malah melorot ke posisi 48 dalam daftar yang disusun majalah AS Forbes. Ini daftar lengkapnya (15.12.2016)

7 Fakta Menarik mengenai Rusia

Rusia, salah satu negara adidaya yang disegani dunia. Berikut beberapa fakta menarik tentang negara yang kerap menjadi kepala berita media internasional. (26.01.2016)

Konten terkait

Symbolbild Erdogan Netanjahu

Netanyahu dan Erdogan Sambangi Rusia Bahas Suriah
09.03.2017

Jelang akhir pekan Rusia kedatangan tiga tamu penting, antara lain PM Israel Benyamin Netanyahu yang akan meminta Vladimir Putin untuk mengekang Iran dalam perang di Suriah.

Deutschland USA Besuch Präsident Barack Obama in Berlin, Abschied

Obama dan Uni Eropa Bahas Sanksi Baru Rusia
17.11.2016

Dibayangi kekhawatiran soal kedekatan Doland Trump dengan Vladimir Putin, Presiden AS Barack Obama bertemu dengan Uni Eropa buat membahas perpanjangan sanksi terhadap Rusia.

Deutschland Obama in Berlin

Obama Peringatkan Trump Untuk Bisa Bersikap Tegas Terhadap Rusia
18.11.2016

Dalam kunjungannya ke Eropa, Presiden AS Barack Obama berharap Donald Trump mampu bersikap tegas terhadap Rusia. Tapi Obama juga nyatakan "optimistis secara hati-hati" terhadap penggantinya di Gedung Putih ini.

Original Article