Trump Sebut Isu Campur Tangan Rusia Hanya “Fabrikasi”

35

Trump Sebut Isu Campur Tangan Rusia Hanya "Fabrikasi"

Presiden Donald Trump menyebut tuduhan campur tangan Rusia pada pemilu 2016 sebagai "fabrikasi total". Penyelidik khusus Robert Mueller memanggil saksi-saksi untuk pemeriksaan lebih lanjut.


USA Präsident Donald Trump in West Virginia (picture-alliance/AP Images/D. Cummings)

"Kisah Rusia adalah sebuah fabrikasi total, ini hanyalah sebuah alasan untuk kekalahan terbesar dalam sejarah politik Amerika," kata Trump pada hari Kamis (3/8) di depan ribuan pendukungnya di Huntington, West Virginia. "Itu membuat mereka merasa lebih baik, saat tidak ada lagi yang perlu dibicarakan."

"Kebanyakan orang tahu, tidak ada orang Rusia dalam kampanye kami, tidak pernah ada. Kami tidak menang karena Rusia, kami menang karena kalian," kata Trump disambut tepukan meriah pendukungnya.

USA Sonderermittler Robert Mueller (picture-alliance/Consolidated News Photos/Ron Sachs - CNP/R. Sachs)

Penyelidik khusus Robert Mueller menyelidiki kemungkinan campur tangan Rusia dalam pemilu 2016

Sementara itu, media AS melaporkan bahwa penyelidik khusus Robert Mueller telah mengeluarkan surat panggilan. Hal ini biasanya dilakukan, jika jaksa ingin mendapatkan dokumen-dokumen yang disimpan oleh seseorang atau memaksa seorang saksi menyerahkan bukti-bukti dalam sebuah kasus kriminal.

Harian New York Times memberitakan, beberapa surat panggilan itu antara lain untuk mencari "dokumen yang berkaitan dengan urusan bisnis" Michael Flynn, mantan penasihat keamanan nasional Trump.

Flynn, yang mengundurkan diri bulan Februari lalu setelah mengaku memberikan "informasi yang tidak lengkap" tentang komunikasinya dengan duta besar Rusia Sergei Kislyak, juga telah dipanggil oleh dewan juri di Virginia serta komite Senat dan Dewan Perwakilan Rakyat.

  • Donald Trump talks with a beauty contestant in Moscow.

    Kronologi Hubungan Trump Dengan Rusia

    2013: Trump Dekati Russia

    Pada 18 Juni 2013 Donald Trump berkicau di Twitter: "Kontes kecantikan Miss Universe akan disiarkan langsung dari MOSKOW, Rusia. Ini akan semakin mendekatkan dua negara." Ia kemudian menambahkan, "Apakah anda kira Putin akan hadir – jika ya, apakah ia akan menjadi sahabat baru saya?" Pada Oktober di tahun yang sama Trump mengakui telah melakukan "banyak bisnis dengan Rusia."

  • Cyberattacks are a key factor in the Russia allegations.

    Kronologi Hubungan Trump Dengan Rusia

    September 2015: Dugaan Serangan Siber

    Seroang agen FBI mewanti-wanti Komite Nasional Partai Demokrat (DNC) ihwal serangan siber. Pada 18 Mei 2016 James Cloapper, Direktur Komunitas Intelijen, mengatakan ada "sejumlah indikasi" serangan siber terhadap salah satu tim kampanye pemilu kepresidenan. Sebulan kemudian DNC mengaku menjadi korban serangan siber oleh peretas Rusia.

  • Russian ambassador to the US Sergei Kisljak in Washington

    Kronologi Hubungan Trump Dengan Rusia

    20 Juli 2016: Kislyak Isyaratkan Dukungan

    Senator Jeff Sessions yang sejak awal mendukung Donald Trump dan memimpin Komite Penasehat Keamanan Nasional milik kandidat Partai Republik itu bertemu dengan Duta Besar Rusia Sergey Kislyak dan sekelompok duta besar lain di sela-sela Konvensi Nasional Partai Republik. Sessions awalnya sempat membantah bertemu Kislyak. Tapi Gedung Putih kemudian mengakui kebenaran kabar tersebut.

  • Wikileaks chief Julian Assange

    Kronologi Hubungan Trump Dengan Rusia

    22 Juli 2016. Assange Terlibat

    Di tengah masa kampanye situs WikiLeaks milik Julian Assange memublikasikan 20.000 email milik petinggi partai Demokrat yang dicuri dari server DNC. Kumpulan email tersebut mengungkap bagaimana petinggi partai lebih mengunggulkan Hillary Clinton, ketimbang pesaingnya Senator Bernie Sanders.

  • USA FBI chief James Comey

    Kronologi Hubungan Trump Dengan Rusia

    25 Juli 2016: FBI Turun Tangan

    Menyusul unggahan WikiLeaks Badan Investigasi Federal AS (FB) mengumumkan pihaknya membuka penyelidikan terhadap serangan siber pada masa kampanye. "Kebocoran semacam ini selalu kami anggap serius," ujar Direktur James Comey. Penyelidikan FBI lalu memicu kritik tajam atas kecerobohan tim kampanye Hillary Clinton dalam menyimpan informasi rahasia.

  • USA President Donald Trump

    Kronologi Hubungan Trump Dengan Rusia

    8 November 2016: Trump Terpilih

    Donald Trump terpilih sebagai presiden Amerika Serikat mesi kalah jumlah suara, namun menang dalam jumlah delegasi. Uniknya pada 9 November parlemen Rusia merayakan kabar kemenangan Trump dengan bertepuk tangan di sela-sela sidang.

  • Russian politician Sergej Rybakow

    Kronologi Hubungan Trump Dengan Rusia

    10 November 2016: Gedung Putih Membantah

    Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Rybakov mengakui adanya "kontak" antara pemerintah Rusia dengan tim kampanye Trump selama pemilihan umum kepresidenan. "Tentu saja kami mengenal sebagian besar anggota tim kampanyenya," kata Rybakov. Trump membantah klaim tersebut.

  • General Michael Flynn, US National Security Adviser.

    Kronologi Hubungan Trump Dengan Rusia

    18 November 2016: Flynn Datang dan Pergi

    Trump mengangkat Jendral Michael Flynn sebagai penasehat keamanan nasional. Bekas kepala Dinas Intelijen Militer itu pernah menjadi penasehat kebijakan luar negeri selama masa kampanye. Flynn mengundurkan diri bulan Februari setelah tergerus isu kedekatannya dengan Rusia. Ia antara lain pernah bertemu dengan Presiden Vladimir Putin dalam sebuah acara pribadi di Moskow.

  • Ex-acting attorney general Sally Yates

    Kronologi Hubungan Trump Dengan Rusia

    26 Januari 2017: Surat Maut dari Jaksa Agung

    Jaksa Agung AS Sally Yates mengabarkan Gedung Putih bahwa Flynn berbohong mengenai pertemuannya dengan Duta Besar Rusia Kislyak. Ia meyakini Rusia memiliki rahasia yang bisa digunakan untuk memeras Flynn. Tidak lama kemudian Trump memecat Yates dan menunjuk Jeff Sessions sebagai penggantinya.

  • US attorney general, Jeff Sessions

    Kronologi Hubungan Trump Dengan Rusia

    2 Maret 2017: Sessions Tunduk

    Trump mengatakan ia memiliki "kepercayaan penuh" pada Jaksa Agung Jeff Sessions. Tokoh konservatif itu lalu mengatakan ia tidak akan terlibat dalam semua investigasi yang berkaitan dengan hubungan antara tim kampanye Trump dengan Rusia.

  • ex-head of the FBI James Comey

    Kronologi Hubungan Trump Dengan Rusia

    20 Maret 2017: FBI Usut Trump

    Direktur FBI James Comey mengkonfirmasikan kepada parlemen bahwa lembaganya memulai investigasi dugaan hubungan ilegal antara Rusia dan tim kampanye Trump. Pada hari yang sama Presiden Trump menyerang pemberitaan tentang investigasi Rusia lewat Twitter.

  • Donald Trump and James Comey

    Kronologi Hubungan Trump Dengan Rusia

    9 Mei 2017: Trump Pecat Comey

    Menyusul penyelidikan oleh FBI, Trump lalu memecat James Comey. "Meski saya menghargai sikap anda mengabarkan saya dalam tiga kesempatan bahwa saya tidak sedang diselidiki, saya tetap mendukung penilaian Departemen Kehakiman bahwa anda tidak mampu memimpin FBI dengan efektif," tulis Trump dalam surat pemecatan Comey.

  • Special counsel Robert Mueller

    Kronologi Hubungan Trump Dengan Rusia

    17 Mei 2017: Mueller Tiba, Trump Meradang

    Menyusul konflik kepentingan yang memaksa Jaksa Agung Jeff Sessions menarik diri dari investigasi Rusia, wakilnya Rod Rosenstein menunjuk bekas Direktur FBI Robert Mueller sebagai penyidik khusus kasus dugaan intervensi Rusia. Langkah tersebut tidak diambil tanpa keterlibatan Gedung Putih. Awal Juni Mueller menempatkan Trump sebagai tokoh kunci dalam penyelidikan tersebut.

CNN melaporkan, surat panggilan lain yang dikeluarkan Mueller adalah untuk meminta "dokumen dan kesaksian dari orang-orang yang terlibat" dalam Donald Trump Jr dan seorang pengacara Rusia tahun 2016.

Seorang pengacara Trump mengatakan bahwa dia tidak mengetahui adanya panggilan-panggilan itu, namun menekankan bahwa Gedung Putih akan terus bekerja sama dengan Mueller.

USA Donald Trump Jr. Interview Fox News (picture alliance/AP Images/R. Drew)

Donald Trump Jr. melakukan pertemuan dengan pengacara Rusia tahun 2016 untuk mendapat informasi yang dapat menjatuhkan Hillary Clinton

"Masalah dewan juri biasanya rahasia," kata pengacara Ty Cobb. "Gedung Putih mendukung apapun yang mempercepat kesimpulan karyanya secara adil."

Komite Senat dan Dewan Perkailan dan komisi independen sedang menyelidiki apakah ada kolusi antara anggota tim kampanye Trump dan Rusia untuk mempengaruhi hasil pemungutan suara bulan November lalu.

Komunitas intelijen AS telah menyimpulkan bahwa Rusia meretas sistem email Partai Demokrat dalam upaya untuk menjatuhkan Hillary Clinton Demokrat dan memenangkann Trump.

  • White House communications director Anthony Scaramucci speaks to members of the media at the White House in Washington, Tuesday, July 25, 2017 (picture-alliance/AP Photo/P. Martinez Monsivais)

    Kamu Dipecat! – Daftar "Korban" Administrasi Presiden Donald Trump

    Anthony Scaramucci

    Scaramucci (53) dulunya pengelola investasi global, dan dijuluki "Mooch". Ia hanya selama 10 hari.mengisi jabatan yang kosong berbulan-bulan. Ia dipecat di hari yang sama saat jenderal marinir purnawirawan John Kelly diambil sumpahnya jadi kepala staf Gedung Putih. Katanya, Trump tidak suka dengan serangan "mulut kotor" Scaramucci terhadap anggota staf senior lain.

  • USA Walter M. Shaub Jr., U.S. Office of Government Ethics (picture-alliance/AP Photo/J.S. Applewhite)

    Kamu Dipecat! – Daftar "Korban" Administrasi Presiden Donald Trump

    Walter M. Shaub Jr.

    Walter Shaub adalah mantan kepala kantor bidang etika pemerintahan. Ia mengundurkan diri bulan Juli setelah bentrok dengan Gedung Putih soal lika-liku rumit saham yang dimiliki Donald Trump. Shaub katanya menyebut administrasi Trump "bahan lelucon."

  • USA Reince Priebus neuer Stabchef im Weißen Haus (Reuters/M. Segar)

    Kamu Dipecat! – Daftar "Korban" Administrasi Presiden Donald Trump

    Reince Priebus

    Priebus adalah mantan kepala staf Gedung Putih. Ia dipaksa hengkang hanya enam bulan setelah menjabat, akibat berdebat dengan Anthony Saramucci di depan umum, yang saat itu jjadi direktur komunikasi. Katanya, Priebus adalah salah satu anggota staf Gedung Putih yang menentang pengangkatan Scaramucci.

  • Sean Spicer tritt zurück USA (Reuters/K.Lamarque)

    Kamu Dipecat! – Daftar "Korban" Administrasi Presiden Donald Trump

    Sean Spicer

    Sean Spicer adalah mantan jurubicara Gedung Putih. Hubungannya dengan Presiden Trump serta dengan wartawan memang kurang baik. Ia mengundurkan diri setelah menyatakan kepada Trump penolakan kerasnya terhadap pemilihan Anthony Scaramucci sebagai direktur komunikasi Gedung Putih.

  • USA Michael Dubke, Kommunikationsdirektor Weißes Haus (picture-alliance/AP Photo/S. Walsh)

    Kamu Dipecat! – Daftar "Korban" Administrasi Presiden Donald Trump

    Michael Dubke

    Inilah direktur komunikasi Gedung Putih, sebelum Scaramucci. Ia diminta hengkang awal Mei lalu, setelah dianggap tidak bisa mengatasi tuduhan keterlibatan Rusia dalam pemilu presiden AS tahun 2016 lalu.

  • James Comey (picture-alliance/AP Photo/J. S. Applewhite)

    Kamu Dipecat! – Daftar "Korban" Administrasi Presiden Donald Trump

    James Comey

    Presiden Donald Trump memecat direktur FBI James Comey. Katanya, karena urusan penyelidikan atas email mantan Menteri Luar Negeri Hillary Clinton, yang juga jadi saingan Trump dalam pemilu presiden November 2016. Tapi kritikus menduga, alasan sebenarnya adalah penyelidikan yang dilakukan FBI terhadap keterlibatan Rusia dalam kampanye Trump.

  • USA Michael Flynn beim Briefing im Weißen Haus in Washington (Reuters/C. Barria)

    Kamu Dipecat! – Daftar "Korban" Administrasi Presiden Donald Trump

    Michael Flynn

    Flynn pernah jadi penasehat keamanan nasional dalam administrasi Trump. Ia mengundurkan diri Februari lalu setelah terungkap, bahwa ia mendiskusikan sanksi AS terhadap Rusia, dengan duta besar Rusia bagi AS. Diskusi berlangsung sebelum Trump dilantik jadi presiden. Flynn juga dituduh menyesatkan Wakil Presiden Mike Pence, terkait diskusi itu.

Sebagian anggota parlemen telah menyatakan kekhawatiran bahwa Trump bisa saja mengintervensi penyelidikan atau berusaha memecat penyelidik khusus Robert Mueller. Dua senator hari Kamis (3/8) mengajukan sebuah rancangan undang-undang yang akan mencegah presiden melakukan itu.

Trump mencemooh kesimpulan badan intelijen dan telah mencerca investigasi terhadap kolusi potensial dengan kampanyenya, dan menyangkal ada campur tangan Rusia. Dia mengatakan, penyelidikan seharunya lebih fokus pada email Hillary Clinton, bukan pada dirinya.

hp/rn (rtr, dpa, afp)

  • default

    Trump Yang Mungkin Tidak Anda Ketahui

    Tidak Harus Bekerja

    Warisan uang dari ayah Trump sebenarnya akan lebih menguntungkan jika tidak dijadikan dana investasi ribuan bisnis Donald Trump dan hanya disimpan dalam bentuk reksadana yang kini nilainya sudah pasti berlipatganda.

  • default

    Trump Yang Mungkin Tidak Anda Ketahui

    Remaja Nakal

    Saat remaja Trump bermasalah di sekolahnya di Queens. Orangtuanya lalu memutuskan untuk 'memberi hukuman' dengan memindahkan Trump ke sekolah militer di New York. Dari sana, Trump kuliah di Fordham University, lalu pindah ke University of Pennsylvania's Wharton School. Ia lulus tahun 1968.

  • default

    Trump Yang Mungkin Tidak Anda Ketahui

    Tidak Minum Alkohol

    Banyak yang tidak mengetahuinya. Tapi Trump sama sekali tidak minum alkohol. Mungkin ini ada hubungannya dengan kematian kakak laki-lakinya Fred yang kecanduan akohol. Tapi ironisnya, tahun 2006 ia mendirikan pabrik destilasi vodka dengan produk yang diberi nama Trump Vodka.

  • default

    Trump Yang Mungkin Tidak Anda Ketahui

    Tidak Pernah Gunakan ATM

    Saat diwawancarai Conan O’Brien dalam acara televisi Late Night With Conan O’Brien,Donald Trump mengaku belum pernah menggunakan mesin ATM.

  • Pizza Salami (Colourbox)

    Trump Yang Mungkin Tidak Anda Ketahui

    Makan Pizza dengan Garpu dan Pisau

    Tidak seperti kebanyakan orang, Trump hanya menyantap pizza dengan menggunakan pisau dan garpu. Alasannya, karena lebih nyaman dan agar ia tidak kotor.

  • default

    Trump Yang Mungkin Tidak Anda Ketahui

    Germaphobia

    Trump menderita fobia yang disebut germaphobe. Ia terobsesi dengan kebersihan dan takut terkena kuman jika bersentuhan dengan orang lain. Sulit bagi seorang calon presiden. Tapi sebisa mungkin, Trump selalu menghindari untuk bersentuhan dengan orang lain.

  • default

    Trump Yang Mungkin Tidak Anda Ketahui

    The Game

    Papan mainan ini dirilis Milton Bradley tahun 1989 menyusul kesuksesan Trump di dunia real estate. Pada "The Game", pemainnya bisa mencoba dan mengikuti cara Trump menjadi kaya atau kehilangan semuanya. Permainan ini gagal total di pasaran.

  • default

    Trump Yang Mungkin Tidak Anda Ketahui

    Razzie Award

    Trump sudah sering tampil sebagai cameo di banyak film. Tapi perannya yang terburuk adalah di film Ghosts Can’t Do It. Film ini meraih piala Razzie sebagai film terburuk di tahun 1990 dan Trump 'menang' sebagai pemeran pembantu pria terburuk.

  • default

    Trump Yang Mungkin Tidak Anda Ketahui

    Walk of Fame

    Trump memiliki bintang di Hollywood Walk of Fame tahun 2007 berkat kepopuleran show televisinya The Apprentice. Juli 2016, orang tak dikenal memasang tembok disekeliling bintang Trump, lengkap dengan kawat berduri diatasnya dan stiker bertuliskan 'jangan masuk' dan 'berhenti membuat orang bodoh jadi terkenal'.

  • default

    Trump Yang Mungkin Tidak Anda Ketahui

    Tawarkan Gratis Main Golf Seumur Hidup Bagi Obama

    Trump pernah menawarkan presiden AS Barack Obama untuk main golf secara gratis seumur hidup di salah satu lapangan golf miliknya. Syaratnya, Obama harus mengundurkan diri sebagai presiden.

Laporan Pilihan

Kronologi Hubungan Trump Dengan Rusia

Skandal kedekatan sejumlah orang terdekat Donald Trump dengan Rusia mendominasi penyelidikan FBI atas intervensi Kremlin terhadap pemilu kepresidenan AS. Inilah kronologi hubungan gelap antara Trump dan Moskow. (15.06.2017)

Kamu Dipecat! – Daftar "Korban" Administrasi Presiden Donald Trump

Gonta-ganti anggota staf senior dalam administrasi Presiden AS Donald Trump makin sering terjadi. Sang presiden sudah melepaskan "tendangan" berkali-kali. Berikut daftar pemecatannya. (01.08.2017)

Trump Yang Mungkin Tidak Anda Ketahui

Tahukah Anda bahwa presiden AS ini sama sekali tidak minum alkohol dan pernah meraih piala Razzie sebagai peran pembantu terburuk dalam sebuah film? Simak fakta menarik lainnya pada galeri berikut! (27.09.2016)

Konten terkait

Kanada Donald Jr. Trump in Vancouver

Trump Junior Bersekongkol dengan Rusia Dalam Kampanye Pilpres AS?
11.07.2017

Sebelum pilpres AS, putra Presiden Trump, Donald Trump Jr, bertemu dengan pengacara Rusia untuk mendapat informasi yang bisa menjatuhkan Hillary Clinton. Ini bagian dari upaya memenangkan ayahnya.

Frankreich Ankunft US-Präsident Donald Trump & Melania Trump

Dikerubung Skandal di AS, Presiden Donald Trump Tiba di Paris
13.07.2017

Presiden AS Donald Trump mendarat di Paris hari Kamis (13/7) dalam rangka kunjungan kepresidenan. Di Gedung Putih, skandal kedekatan tim pilpres Trump dengan Rusia terus bergulir.

USA PK Präsident Donald Trump nach Schießerei in Alexandria, Virginia

Koneksi Trump-Rusia: Presiden AS Kini "Di Bawah Pengusutan"
15.06.2017

Media di AS melaporkan, penyelidik khusus Robert Mueller kini juga melakukan penyidikan yang langsung ditujukan terhadap Presiden AS. Donald Trump diperiksa atas tuduhan "menghalangi hukum".

DW World