Umbul Ponggok, wisata foto serasa di dasar laut

39
Ilustrasi
Ilustrasi
© Brian Kinney /Shutterstock

Saat berwisata ke Klaten, Jawa Tengah, cobalah mengunjungi Umbul Ponggok, tempat wisata air yang menawarkan objek foto seperti di dasar laut.

Terletak di Desa Ponggok, objek wisata ini sebenarnya adalah mata air, yang dimanfaatkan menjadi tempat pemandian yang kini foto-fotonya hit di media sosial.

Keunikannya ada di dasar kolam, yaitu aneka ikan, bebatuan, dan berbagai barang yang digunakan untuk membuat foto yang unik, seperti becak, sepeda, motor, tenda, dan sebagainya.

Walau pun bentuknya kolam, akan tetapi dasar Umbul Ponggok ini merupakan hamparan pasir nan luas, bebatuan, dan ribuan ikan warna-warni sehingga memberikan nuansa seperti di bawah laut. Meski penuh ikan, air kolam sangat terjaga kebersihannya dan bebas amis.

Sebuah kiriman dibagikan oleh Umbul Ponggok (@umbul_ponggok) pada

Di tempat wisata ini, pengunjung dapat berenang, belajar menyelam, dan tentunya foto-foto. Sebelum melakukan sesi foto, pengunjung bisa memilih properti apa yang akan digunakan. Lalu, bagian pinggang akan diberi pemberat agar badan tak naik ke permukaan kolam.

Bila belum pernah berpose di dalam air, tentunya akan butuh waktu untuk menyesuaikan diri sampai mendapatkan hasil foto yang diinginkan. Gunakan pelampung sampai ke dasar kolam dan bisa dilepas sementara berfoto.

Tak punya kamera underwater? Tak perlu khawatir, karena di Umbul Ponggok, terdapat penyewaan kamera dengan biaya Rp60 ribu untuk 30 menit dan Rp100 ribu untuk satu jam. Jika tidak bisa juga mengambil foto yang bagus, Anda bisa menyewa jasa fotografer dengan tarif Rp60 ribu.

Di tepi kolam, terdapat warung-warung penjual makanan dan mereka juga menjual plastik untuk ponsel agar bisa dibawa ke dalam air. Pastikan merapatkan bagian ujung plastik agar tidak ada air yang masuk dan merusak ponsel atau kamera saku.

Waktu terbaik untuk berfoto di Umbul Ponggok adalah pagi atau sore hari, sebab latar belakang dan pencahayaan akan lebih bagus saat itu. Pada hari kerja, bisa memilih antara pukul 07:00-09:00 WIB atau pukul 14:00-16:00 WIB. Sedangkan pada akhir pekan, sebaiknya datang pagi karena pengunjung masih sepi.

Bila lokasi sudah ramai, kemungkinan hasil foto akan menangkap orang-orang tak dikenal yang sama-sama sedang berfoto juga. Meski ramai, air di kolam ini selalu jernih karena mata air terletak pada dasar kolam dan terus mengalirkan air.

Tip untuk berfoto di Umbul Ponggok adalah menyiapkan kondisi fisik yang prima karena akan bertahan di dalam air. Di sini kemampuan berenang dan menyelam pun diuji. Setiap pengunjung juga wajib mengutamakan keselamatan. Juga tak lupa untuk melakukan pemanasan sebelumnya agar tak kram di dalam air.

Bagi yang ingin berfoto dengan motor di bawah air, bisa mulai dengan mengosongkan tangki bensin dan dikuras sampai bersih. Setelah itu, kosongkan oli mesin dan kuras juga hingga bersih. Jika diperlukan, bisa mencopot knalpot dan sumbat lubang menuju mesin dan karburator. Lalu, turunkan motor perlahan hingga ke dasar kolam, tak lupa berikan pemberat.

Sebuah kiriman dibagikan oleh Umbul Ponggok (@umbul_ponggok) pada

BERITAGAR.ID